Pimpinan DPRD Apresiasi Penyuluhan Hukum bagi Warga TTU dari FH Unwira

by -196 views

Wakil Ketua DPRD TTU foto bersama tim Penyuluhan Hukum dari FH Unwira.

KEFAMENANU, mediantt.com – Fakultas Hukum Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melakukan pencerdasan hukum bagi masyarakat TTU. Wakil Ketua I DPRD TTU, Agustinus Tulasi, SH, mengapresiasi penyuluhan hukum tersebut.

Kepada mediantt.com, Jumat (27/5), Agus Tulasi menjelaskan, rombongan civitas akademika FH Unwira diterima di Lantai II Aula Kantor Bupati oleh Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten TTU bersama dirinya selaku Wakil Ketua I DPRD. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari ke depan.

Seremonial penerimaan rombongan dilakukan dengan pengalungan selendang motif daerah TTU kepada Dekan FH Unwira Dr. Yustinus Pedo, SH, MHum. Wakil Dekan Vinsensius Samara, SH, MH, Ketua Prodi Umbu Sogara, SH, MHum, Dr. Ferdinandus Lobo, SH, MH, Rodolf Ronny Tallan, SH, MH selaku Ketua Panitia dan Ibu Ernesta Uba, SH, MHum serta sejumlah mahasiwa sebagai peserta rombongan.

Menurut alumni FH Unwira ini, acara penerimaan yang bernuansa fraternitas ini berjalan baik dan atas dukungan penuh Pemda dan DPRD. “Prinsipnya Pemda TTU mendukung penuh kegiatan penyuluhan hukum di 1 kelurahan dan 2 desa; yaitu Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu dan Desa Bijaepasu Kecamatan Miomafo Tengah, juga Desa Bitefa Kecamatan Miomafo Timur,” tegas politisi Golkar ini, dan menambahkan, ketiga lokasi kegiatan penyuluhan hukum ini telah dikoordinasikan dengan camat, lurah serta pemdes setempat.

Dia menjelaskan, banyak kasus hukum yang terjadi di kabupaten TTU dan kasusnyq bervariasi. Terjadi tren angka peningkatan kasus yang terjadi secara umum yaitu kekerasan terhadap perempuan dan anak, perkawinan (perceraian), pertanahan, dana desa, pelintas ilegal Perbatasan RDTL-NKRI, Penyelundupan BBM ke Timor Leste dan masih banyak lagi kasus-kasus hukum yang sering terjadi di masyarakat.

Karena itu, jelas dia, Pemda dan DPRD TTU mengharapkan agar penyuluhan hukum dari FH Unwira Kupang dapat mengedukasi pemahaman hukum masyarakat dan pembentukan ranperda baru sesuai kajian hukum oleh Pemda TTU dan Bapemperda DPRD TTU melalui Program Legislasi Daerah (prolegda).

“Saya sebagai salah satu alumni FH unwira apresiasi karena merasa bagian yang tidak terpisahkan dari almamater. Kami alumni sudah tersebar di pemerintahan, swasta, LSM/NGO dan praktisi hukum (pengacara). Ini buah dari almamater,” kata mantan pengacara ini.

Dia menambahkan, total semua tim penyuluhan hukum dari FH Unwira adalah mahasiswa tambah para dosen berjumlah 25 orang, yang akan disebar ke dua desa dan satu kelurahan. “Hari ini akan bertambah lagi beberapa dosen dan mahasiswa,” ujarnya. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments