Gubernur Ingatkan Penjabat Bupati Lembata Disiplinkan ASN dan Penataan Kota

by -694 views

Gubernur VBL melantik Penjabat Bupati Lembata dan Flores Timur.

KUPANG, mediantt.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengingatkan Penjabat Bupati Lembata Marsianus Djawa untuk mendisiplinkan para aparatur sipil negara (ASN) dalam melaksanakan tugas pemerintahan di daerah itu.

“Sesuai arahan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat agar dalam 100 hari pertama setelah menjadi Penjabat Bupati Lembata, tugas utama yang saya harus lakukan adalah mendisiplinkan ASN yang selama ini belum disiplin dalam melaksanakan tugas,” kata Penjabat Bupati Lembata Marsianus Djawa kepada wartawan di Kupang, Minggu (22/5/2022).

Ia mengatakan, ada empat hal yang dilakukan di Lembata sesuai arahan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, yaitu penegakan disiplin ASN agar pegawai lebih disiplin, penataan kawasan perkotaan, persoalan kekerdilan (stunting), dan kebersihan lingkungan perkantoran.

Menurut dia, kepercayaan masyarakat terhadap aparatur sipil negara perlu segera dipulihkan, termasuk dalam pemulihan kondisi psikologis para ASN yang selama ini merasa tertekan karena berbagai faktor.

“Kami harus memulihkan kondisi itu, mungkin ada yang merasa tertekan sehingga harus dipulihkan bahwa mereka hadir di pemerintahan untuk kepentingan masyarakat. Pemimpin harus berani melakukan hal itu untuk pemulihan kondisi yang dialami para ASN. Kondisi ASN di Lembata harus mulai berubah apabila ada yang kurang kita rapikan,” tegasnya.

Kendati demikian, kata dia, terhadap ASN yang tidak disiplin tentu akan diberi sanksi tegas sehingga tidak ada ASN yang bekerja sesuai keinginan sendiri.

Ia juga menjelaskan, masalah disiplin pegawai menjadi hal utama bahwa semua pegawai harus rajin sehingga kegiatan pemerintahan berjalan dengan sukses.

“Kebersihan lingkungan kantor menjadi hal utama, semua toilet dalam kantor harus bersih agar suasana kerja menjadi nyaman,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, pembangunan lampu jalan dan penataan kawasan perkotaan harus menjadi perhatian sehingga Lewoleba sebagai Ibu Kota Kabupaten Lembata bisa menjadi lebih indah.

Profil Marsianus Jawa

Drs. Marsianus Jawa, M.Si, telah resmi dilantik menjadi penjabat bupati Lembata hingga tahun 2024. Ini dia profilnya. Putra Nagekeo lahir di Pau- Ngada, pada 8 Agustus 1965. Ia dibatis dan menganut agama Katolik. Rekam jejaknya di lingkaran birokrasi Pemerintahan Provinsi NTT; jabatan terakhir sebagai ASN adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Satu Pintu Provinsi NTT dalam pangkat Pembina Utama Muda lV/C.

Ia berdomisili dan menetap di RT 018/RW 005 Kelurahan Penkase, Oeleta,  Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Marsianus menamatkan pendidikan sekolah dasar di SDK Pautola – 1979 Nangaroro, SLTP SMPN 2 Bajawa dan tamat tahun 1983.

Kemudian, melanjutkan SLTA di SMAK Geovani IPS 1986 Kupang dan kuliah S.I  di FKIP Ilmu Pendidikan tahun 1992 Undana Kupang, serta melanjutkaan pendidikan S2 pada Program Pascasarjana Administrasi Publik 2004 di Undana Kupang.

Marsianus Jawa sendiri memiliki seorang istri bernama Yoram E. Koy, S.Pd. M.Kim serta 3 orang anak. Anak pertama yakni Yuliana C.H.P Jawa, kedua, Maria L. Stela Petra Jawa dan anak ketiga yakni Maria M. Stely Damiana Jawa. (jdz/ant)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments