Laka Lena Siap Kerja Sama dengan Unika Ruteng Bangun Klinik Kesehatan

by -302 views

Peserta memadati aula mendengar sosialisasi tentang obat dan makanan.

RUTENG, mediantt.com – Minggu 15 Mei 2022, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, bersama mitranya Badan POM Kupang menggandeng Fakultas Kesehatan Unika St Paulus Ruteng, menggelar sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat dan makanan bagi masyarakat, di aula Missio Kampus Unika. Melki menyatakan siap bekerja sama dengan Unika Ruteng membangun klinik kesehatan.

Kehadiran wakil rakyat asal NTT itu disambut secara adat Manggarai (tuak, manuk curu). Turut hadir Dekan Fakultas Kesehatan, Pater David SVD, Heri Ertus Handi (Dosen Keperawatan), Sandi Konstantia dari Dinas Kesehatan Manggarai  dan Theresia M.A. Gandi SIKom, Kabid SDK.

Setelah penerimaan secara adat, rombongan diarahkan masuk menuju Aula GUT lantai 5 Unika Santu Paulus Ruteng.

Pater David selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng mengatakan, sosialisasi dan edukasi BPOM hari ini disambut dengan gembira, dan siap bekerja sama untuk meneruskan proses ini ke tengah masyarakat.

Dia juga menyatakan kebanggaan terhadap putra asal NTT, Melki Laka Lena sebagai anggota dewan dan menjadi wakil ketua komisi yang membidangi kesehatan di DPR RI.
“Kami sungguh berbangga ketika mendengar diterima menjadi anggota DPR, dan kembanggan kami bertamabah lagi ketika kami mendengar dan mengetahui Pak Melki Laka Lena terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi IX,” katanya.

Melki Laka Lena pun menyampaikan dukungan kepada Badan POM masuk ke kampus dalam rangka pendidikan, sosialisasi dan edukasi tentang obat dan makanan.

Melki juga menyampaikan dukungan kepada semua program dari fakultas kesehatan Unika Ruteng. Bahkan ia siap bekerja sama membangun klinik kesehatan, baik dalam kampus mupun di luar kampus.

Ia juga mendorong agar Unika Santu Paulus Ruteng memprioritaskan pengembangan penelitian tentang obat obat produksi lokal. “Saya menyuport mahasiswa jika menggali atau memproduksi obat obatan dari bahan lokal, dan saya bantu berjuang untuk mendapat pengakuan,” tegasnya.

Melki mengatakan, tetap membangun komunikasi dengan pihak eksekutif, dalam hal ini Kemenkes untuk menangani kasus kesehatan yg berdampak lokal.

Lebih jauh, dia sangat mendukung pembangunan rumah sakit pratama di Reok. Dia berharap Pemda Manggarai proaktif untuk mendukung dalam rangka merealisasikan pembangunan rumah sakit tersebut.

Menurut dia, pembangunan rumah sakit di Kecamatan Reok sebagai strategi membangun kesehatan masyarakat di lintas Utara Flores, sehingga Reo menjadi pilihan yang tetap untuk bangun RS Pratama.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Manggarai, Yoakim Jehati, para dosen Unika Santu Paulus Ruteng, mahasiawa kesehatan, tokoh masyarakat dan insan pers. (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments