Khawatir RS Pratama Ende Mubazir, Ini Saran Melki Laka Lena ke Pemkab Ende

by -164 views

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena 

ENDE – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena, meminta Pemerintah Kabupaten Ende untuk mempertimbangkan lokasi pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Pulau Ende, Kabupaten Ende.

Melki menguraikan, informasi dari berbagai sumber yang ia peroleh, menyebutkan bahwa Puskesmas Pulau Ende saja selama ini sepi sehingga ada kekwatiran pembagunan RS Pratama di Pulau Ende tidak ada asas manfaatnya atau bahkan mubazir. 

Sementara itu, anggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama tersebut cukup besar yakni berkisar Rp. 50 miliar.

Mengenai rencana pembagunan RS Pratama di Pulau Ende, kata Melki, awalnya diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Ende, dan usulan tersebut sudah diteruskan Komisi IX ke Kementerian Kesehatan dan disetujui.

“Sudah disetujui untuk dibangun rumah sakit di Pulau Ende. Nah kemudian dalam perjalanan, ada masukan dari masyarakat yang diwakili oleh salah seorang teman dari Pulau Ende, mengatakan bahwa di Puskesmas sendiri pasiennya tidak begitu banyak atau tidak banyak orang yang berobat ke Puskesmas,” kata Melki, saat dihubungi pos-kupang.com, Senin (4/4/2022) malam.

Sehubungan dengan itu, Melki ingin agar Pemkab Ende meninjau sungguh lokasi di Pulau Ende yang benar-benar tepat untuk dibangun rumah sakit.

Dia mendorong agar Pemkab Ende memilih titik lokasi yang banyak komunitas penduduk dan mudah dijangkau.

“Tapi sekali lagi karena ini baru dinilai lebih lanjut kami meminta Pemda Ende dan Kementerian Kesehatan untuk berkoordinasi lebih lanjut sehingga apabila ada hal-hal semacam ini yang muncul dari masyarakat, kita mencari agar pembangunan ini bisa optimal dan bisa dimanfaatkan masyarakat di Pulau Ende,” kata Melki. (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments