Menkes Budi Gunadi Angkat Bicara soal Pemecatan Dokter Terawan oleh IDI

by -104 views

Menkes Budi Gunadi

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan, jajarannya bakal membantu proses mediasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan anggota-anggotanya, termasuk dokter Terawan Agus Putranto yang dipecat permanen.

“Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota-anggotanya agar komunikasinya baik, sehingga situasi yang terbangun akan kondusif dan kita bisa kembali menyalurkan energi, waktu kita, dedikasi kita, kegiatan-kegiatan yang prioritaskan untuk membangun masyarakat Indonesia,” katanya dalam konferensi pers Dinamika Profesi Kedokteran, Senin (28/3/2022), seperti dilansir bisnis.com.

Dia menjelaskan, upaya tersebut dilakukan untuk membangun kesehatan masyarakat Indonesia terlebih seiring pandemi Covid-19. “Kami percaya bahwa banyak pekerjaan rumah yang membutuhkan tenaga dan waktu kita untuk bisa meneruskan dan membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat,” ujarnya.

Kata dia lagi, Kementerian Kesehatan menyebut bakal membantu mediasi IDI dengan anggota-anggotanya. “Kami mengamati dinamika seputar perdebatan atau pertentangan antara Ikatan Dokter Indonesia dengan dokter Terawan,” ujarnya

Dia menambahkan, pihaknya memahami bahwa masing-masing organisasi profesi memiliki anggaran rumah tangga masing-masing dan memiliki anggota masing-masing yang mereka perlu atur.

Seperti diberitakan, Dokter Terawan resmi dipecat sebagai anggota IDI berdasarkan keputusan MKEK. Terawan dan IDI memiliki hubungan panas dingin sejak munculnya terapi ‘cuci otak’.

Terawan dipecat dalam Muktamar Ke-31 IDI yang digelar di Aceh. Terawan pun tidak diizinkan melakukan praktik kedokteran. Hal itu dikonfirmasi Ketua Panitia Muktamar Ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa, Sabtu (26/3).

“Iya (dipecat), dari hasil muktamar yang kami terima ya. Dari hasil yang kita terima yang diserahkan panitia memang begitu, (sesuai) MKEK iya,” kata dr Nasrul Musadir Alsa. (dtc/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments