Curah Hujan Tinggi di Wae Renca, Padi Sawah Hanyut Dibawah Banjir

by -540 views

Padi Sawah petani hanyut terbawah banjir akibat hujan di Wae Renca, Cibal Barat.

CIBAL, mediantt.com – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Mangarai, khusususnya di Wae Renca, Kecamatan Cibal Barat, Sabtu (26/3), mengakibatkan banjir besar hingga menghanyutkan padi sawah petani yang siap mengetam.

“Hujan yang mengguyur Manggarai khususnya wilayah Cibal dan Cibal Barat hari ini (Sabtu, red), mengakibatkan banjir besar. Dampaknya padi sawah yang siap mengetam bahkan sebagian padi yang sudah dingetam hayut dibawah banjir,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Manggarai, Yoakhim Jehati, S.Ag, kepada medianttt.com, Sabtu (26/3) malam.

Mengatasi dampak banjir yang amat merugikan petani sawah di Wae Renca itu, Ketua Golkar Manggarai ini berharap, dinas teknis segera turun ke lapangan untuk mendata total kerugian warga akibat banjir tersebut.

“Saya sudah melihat kondisi di lapangan dan petani sawah sangat resah. Karena itu sebagai wakil rakyat dari wilayah Cibal ini, saya berharap dinas teknis segera ke lapangan untuk mendata total kerugian yang dialami warga akibat banjir itu,” kata mantan Ketua GMNI Manggarai ini.

Apalagi, menurut dia, sebagian hasil tuaian yang ditampung di pondok darurat juga ikut diterjang banjir.

Beberapa waktu lalu (25-27 Februari 2022), curah hujan tinggi di wilayah Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, mengakibatkan air suangai meluap dan terjadi longsor di beberapa titik.

Salah satu titik longsor terparah terjadi pada ruas jalan di Tonggong, Desa Latung. Longsor tersebut membuat jalan sulit dilalui karena longsoran batu berukuran besar menutup badan jalan.

Kondisi yang sama juga terjadi pada dua titik sungai yakni Wae Ngkelot dan Wae Reweng. Batu besar tampak memenuhi badan jalan membuat warga sulit melewati jalan tersebut. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments