POCARI SWEAT RUN 2022 HADIR LAGI DENGAN KONSEP HYBRID TERBESAR DI INDONESIA

by -121 views

Gubernur Ridwan Kamil bersama Najwa Sihab, Puspita Winawati dan Melanie Putria.

Dengan visi untuk mengajak masyarakat tetap bergerak dan berkeringat serta menjalani pola hidup sehat, POCARI SWEAT kembali adakan POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022 demi mengingatkan publik akan manfaat gaya hidup aktif serta pentingnya berolahraga di tengah normal baru ini.

BANDUNG, mediantt.com – Setelah sukses menggelar POCARI SWEAT RUN secara hybrid pada 2021, PT Amerta Indah Otsuka resmi mengumumkan POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022 yang akan kembali dilaksanakan secara hybrid pada 24 Juli 2022.

Konsep ini dihadirkan untuk menjawab keinginan masyarakat yang tak sabar untuk berlari bersama di Kota Bandung secara offline, serta menjawab kebutuhan mereka yang ingin berlari di kotanya masing-masing secara virtual pada waktu yang bersamaan.

Ridwan Kamil, Puspita Winawati, dan Najwa Shihab hadir pada acara konferensi pers hari ini, Rabu (16/3), yang dibawakan oleh Melanie Putria.

“POCARI SWEAT RUN INDONESIA tahun lalu sukses diikuti oleh 16.000 pelari sehingga MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) memberikan penghargaan sebagai acara lari hybrid dengan peserta terbanyak di Indonesia. Di tahun 2022 ini, POCARI SWEAT berharap dapat mengajak lebih banyak lagi pecinta lari dari seluruh Indonesia dengan target minimal 20.000 pelari, yang terdiri dari 5.000 peserta offline di Kota Bandung dan 15.000 peserta virtual. Ke depannya, kita memiliki milestone bahwa POCARI SWEAT RUN INDONESIA dapat mengajak 100.000 masyarakat Indonesia untuk bergerak aktif dan berlari bersama,” ucap Puspita Winawati selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, POCARI SWEAT mencoba terus menghadirkan inovasi terbaru yang segar dalam acara lari tahunannya, “Tahun ini, POCARI SWEAT RUN telah memasuki tahun kesembilan. Tahun lalu, kami berhasil berinovasi dengan menyelenggarakan kegiatan secara hybrid di tengah pandemi. Tahun ini, untuk pertama kalinya kami akan membawa konsep eco-friendly agar lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang peduli lingkungan. Edukasi para peserta untuk melakukan pemilahan sampah antara plastik, organik, dan anorganik. Harapannya event ini bisa menjadi langkah awal untuk menyadarkan lebih banyak masyarakat yang peduli terhadap lingkungan,” tambahnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, “Tentunya menarik melihat POCARI SWEAT tidak pernah absen menghadirkan event lari setiap tahunnya. Bahkan saya masih ingat pengalaman berlari pada POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2021, bersama dengan para peserta yang penuh antusiasme berlari mencapai garis finish. Saya juga merasakan terkoneksi dengan para peserta virtual yang berlari dari seluruh Indonesia karena kita berlari dalam waktu yang bersamaan, meskipun dari tempat yang berbeda. Mengingat bahwa event olahraga tahunan POCARI SWEAT tersebut sukses diadakan tanpa ada penambahan kasus Covid-19 di antara para pesertanya, saya optimis bahwa POCARI SWEAT RUN INDONESIA tahun ini pun dapat berjalan dengan lancar dan jangan lupa untuk tetap jalankan protokol kesehatan saat mengikuti acara ya.”

Seperti di tahun sebelumnya, Melanie Putria selaku Brand Ambassador POCARI SWEAT juga kembali akan memandu jalannya event POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022. “Tahun lalu, bersama Daniel Mananta, kami memandu jalannya acara. Meskipun pelari tersebar dari Sabang hingga Merauke tapi memungkinkan kita untuk bisa saling menyemangati satu sama lain karena berlari di waktu yang bersamaan disatukan dengan teknologi. Ini adalah salah satu inovasi dan pembeda POCARI SWEAT RUN INDONESIA dengan event lari lainnya.”

Najwa Shihab, co-founder Narasi sekaligus runner enthusiast, akan kembali mengikuti event POCARI SWEAT RUN INDONESIA untuk kedua kalinya. “Tahun lalu merupakan pengalaman pertama saya mengikuti running event dan berlari sejauh 10 km. Saya merasakan euforia berlari bersama-sama dengan Bapak Ridwan Kamil, Bapak Bima Arya, dan para pelari lainnya. Sebuah pengalaman race offline pertama yang super seru. Berlari melewati beberapa landmark Kota Bandung menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Tak lupa saya juga ingin mengajak teman-teman semuanya untuk join di POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022, baik secara offline maupun virtual,” tutup Najwa.

POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022 didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Mizuno, Garmin, Alfamart, Salonpas Let’s Move, Softies, Oakley, Narasi, Soyjoy, dan Run ID. Pendaftaran dibuka untuk virtual dan offline sejak 9 Maret 2022 melalui aplikasi Born to Sweat yang tersedia di Google Play Store atau App Store.

Untuk para pelari yang ingin berlari langsung di Bandung secara offline, diberlakukan sistem ballot dimana peserta akan diundi untuk bisa terpilih sebagai peserta lari offline di POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2022, silakan mengunjungi Instagram @pocarisportid.

Tentang POCARI SWEAT

POCARI SWEAT adalah minuman isotonic sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr.

Saat ini ada beberapa variant kemasan POCARI SWEAT yaitu kaleng 330mL, sachet 15 gr, sachet 37gr, botol PET 350mL, 500mL, 900mL dan 2L.
Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan ion yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa. Mengkonsumsi POCARI SWEAT dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain itu, POCARI SWEAT alami dan terukur, yaitu dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, soda dan kafein, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja untuk mencegah dehidrasi. Dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

KENAPA PERLU POCARI SWEAT?

Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan. Bekerja di ruangan ber AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur pun tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml, dimana 1/3 bagian hilang melalui pernafasan dan 2/3 bagian hilang melalui penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, seprai, dan lain-lain.

Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh.

Tubuh kita paling banyak kehilangan cairan jika kita melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Saat berolahraga, baik melakukan olahraga ringan maupun berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, apalagi jika cuaca panas, kehilangan cairan akan lebih banyak lagi. Jika kehilangan ini tidak diganti maka suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih mudah lelah.

Menurut penelitian, dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat, dengan cara mengeluarkan keringat. Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya.

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonic seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh.

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK?

Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu.

Minuman isotonic memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis. Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonic dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonic, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengkerut dan mati.

Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonic dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama, sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi.

Tentang PT. Amerta Indah Otsuka
PT. Amerta Indah Otsuka berdiri sejak 1997, merupakan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang. Memiliki total jumlah karyawan lebih dari 1300 orang dan berkantor pusat di Wisma Pondok Indah Lt. 6, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V – 4 TA, Jakarta 12310. Memiliki dua buah pabrik yang berlokasi di Jl. Siliwangi Km. 28, Kp. Sindangresmi RT. 07/04, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi 43359 dan di Jl. Raya Pasuruan- Malang KM 11, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kab Pasuruan 67172.

PT. Amerta Indah Otsuka didukung dengan jaringan distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk yang berada dibawah naungan PT. Amerta Indah Otsuka adalah POCARI SWEAT – minuman isotonik pengganti ION tubuh, SOYJOY – camilan sehat dari kedelai, ION WATER – minuman elektrolit rendah kalori dan ORONAMIN C – minuman bervitamin mengandung madu. PT Amerta Indah Otsuka telah mendapatkan berbagai sertifikasi ISO antara lain ISO 9001:2008 (Sistem Management Mutu), ISO 22000:2005 (Sistem Keamanan Pangan) dan ISO 14001:2004 (Sistem Manajemen Lingkungan). (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments