DPRD Apresiasi TTU Wakili NTT dalam Lomba Kampung Tangguh Lalu Lintas

by -381 views

Agustinus Tulasi, SH.

KEFAMENANU, mediantt.com – Kabupaten TTU terpilih mewakili NTT dalam lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas tingkat Nasional yang digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia tahun 2022. DPRD TTU pun mengapresiasi prestasi luar biasa ini. Sebab TTU bisa dipercayakan mewakili NTT.

Kabupaten TTU terpilih karena berdasarkan penilaian dari Polda NTT dianggap Kabupaten TTU yang terbaik dalam tertib lalu lintas dari kabupaten lain di NTT sehingga mewakili Provinsi NTT.

Wakil Ketua I DPRD TTU, Agustinus Tulasi, SH, kepada mediantt.com, Kamis (10/3), mengatakan, hasil penilaian tim penilai tentunya sesuai situasi dan kondisi tertib lalu lintas warga dan penatausahaan lalu lintas oleh Satlantas Polres TTU yang sudah membaik pada ruas jalan perkotaan dan perkampungan. Mulai dari perangkat lunak seperti markah jalan dan trafick light di setiap perempatan jalan raya dan dua jalur ruas jalan protokol mulai dari km 1 sampai km 9 jurusan Kupang. Juga, di kelurahan dan desa pada semua ruas jalan kabupaten. Kata dia, tentunya data pelanggaran lalu lintas dari setiap pengguna jalan sudah membaik dan kondisi jalan berlubang cepat diperbaiki oleh Pemkab TTU selama tahun 2020-2022.

“Saya mencermati Polres TTU dan Pemkab TTU selalu melakukan operasi gabungan untuk menertibkan para pengguna jalan yang belum tertib berlalu lintas selama ini. Hal ini yang membuat masyarakat mulai sadar dan tertib berlalu-lintas. Situasi ramai di pagi hari selalu diatur secara baik oleh Satlantas khusus bagi anak-anak sekolah dan pegawai perkantoran yang ramai di setiap pagi. Kelihatan tertib dan lancar metode pengarahan lalu lintas oleh Satlantas apolres TTU yang bertugas di titik rawan dan saya merasakan dampak positifnya. Berbeda dengan keadaan tahun-tahun sebelumnya yang agak amburadul tapi saat ini sudah baik. Proficiat saya sampaikan kepada Satlantas Polres TTU atas kerjasama yang baik dengan semua stakeholder di TTU,” papar Politisi Golkar ini.

Wakil rakyat dari Dapil TTU 3 Biboki ini juga mengatakan, ini adalah prestasi spektakuler karena TTU dipilih mewakili provinsi NTT. Ini kado terindah bagi seluruh masyarakat Biinmafo pada awal tahun 2022 ini dan spirit kesadaran tertib lalu lintas bagi semua orang baik di kota maupun di desa.

“Hemat saya catatan prestasi spektakuler ini menjadi cambuk kesadaran masyarakat tentang pentingnya taat berlalu-lintas di jalan. Ruas jalan yang sedang berlubang segera diperbaiki lagi khusus di perempatan Rutan agar tidak tergenang air saat hujan. Perbaiki juga semua saluran yang rusak untuk melancarkan aliran air hujan menuju kali atau sungai. Segera tingkatkan ruas jalan lingkar luar (ring road) di dalam kota mulai dari Naen-km.9 BTN-Oetalus hingga Oenenu-Peboko-Papin dan kembali menuju Naen. Ini yang perlu diprioritas agar membuka akses transportasi lalu lintas menuju segmen sentra produksi perkotaan dan desa/kelurahan di sekitarnya,” katanya, mengingatkan.

Untuk diketahui, Kabupaten TTU terpilih mewakili Provinsi NTT dalam lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas tingkat Nasional yang digelar oleh Mabes Polri tahun 2022.

Hal ini ditandai dengan Peresmian Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Kefamenanu Selatan, Rabu (9/3/2022). Dua kelurahan terpilih menjadi lokasi lomba yakni Kelurahan Kefamenanu Selatan dan Kelurahan Benpasi.

Kapolres TTU AKBP Mohamad Mukson mangatakan, Polres TTU berkomitmen untuk menjadi juara dalam kegiatan tersebut. “Ini membawa nama TTU khususnya Provinsi NTT bahwa kita harus bisa menciptakan tertib lalu lintas dan ini semua adalah kerjasama seluruh stake holder,” katanya.

“Kita terus memberikan arahan kepada masyarakat (Tertib berlalu lintas) sehingga bisa diikuti oleh kecamatan-kecamatan yang lain sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lain khususnya di Kabupaten TTU,” tambah Kapolres Mukhson.

Kasat Lantas Polres TTU AKP Firamuddin menambahkan, item-item yang menjadi indikator penilaian sudah disiapkan semua. Menjadi lokasi atau jalur penilaian yakni dimulai dari depan Rutan sampai di Pos Tulip. “Sepanjang jalur itu kita sudah pasang Piranti Lunak antara lain himbauan-himbauan dan spanduk-spanduk yang berisikan himbauan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Korlantas Polri Kombes Pol. Dodi Daryanto S.Ik, menjelaskan, Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang digelar di seluruh Indonesia, Kabupaten TTU merupakan salah satu peserta mewakili NTT. “Prinsipnya hasil pengamatan secara umum sudah baik, baik dari marka jalan dan rambu-rambu. Upaya yang dilakukan oleh Forkopimda demi keselamatan lalu lintas di jalan sudah baik. Mudah-mudahan Kabupaten TTU menjadi juara dalam lomba ini,” katanya.

Lomba ini diikuti oleh 500 sekian kabupaten di seluruh Indonesia. Untuk NTT, Kabupaten TTU yang terpilih karena berdasarkan penilaian dari Polda NTT, TTU dianggap yang terbaik dalam tertib lalu lintas dari kabupaten lain di NTT. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments