Waspada! BMKG Rilis Bibit Siklon Tropis Terpantau di Laut Timor

by -418 views

Ilustrasi badai

KUPANG, mediantt.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara resmi merilis info cuaca di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama sepekan kedepan berlaku mulai Jumat 25 Februari hingga Kamis 3 Maret 2022.

Rilis info cuaca sepekan kedepan yang ditandatangani Kepala Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi dan Forecaster On Duty Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, Natalia Ernesto Bajo diunggah melalui akun Instagram @bmkgmeteo_ntt Jumat 25 Februari 2022.

Dikutip Oke NTT dari rilis info tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait adanya bibit siklon tropis 99S terpantau di Laut Timor atau utara Australia membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) di Laut Timor. Hal ini juga mampu meningkatan kecepatan angin di wilayah NTT.

Karena itu, masyarakat diimbau waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir rob (banjir di wilayah pesisir), tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, dan sambaran petir.

Sebelumnya dalam rilis info itu, berdasarkan hasil pantauan BMKG pada Jumat 25 Februari 2022, kondisi atmosfer secara umum terpantau wilayah NTT berada di periode puncak musim hujan dengan kelembapan yang cukup tinggi serta kondisi labilitas lokal yang kuat.

Suhu muka laut di wilayah NTT umumnya berkisar antara 29.0 derajat celcius hingga 31.0 derajat celcius dengan anomali suhu muka laut di wilayah NTT berkisar antara 0.5 derajat celcius hingga +2.0 derajat celcius.

Posisi MJO sekarang berada di Kuadran 3, berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia. Gelombang Ekuatorial Rosby masih terpantau aktif sehingga memberikan pengaruh peningkatan pertumbuhan awan hujan (konvektif) di wilayah NTT.

Tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1010 hingga 1014 hPa. Tekanan udara di wilayah Asia berkisar antara 1012 hingga 1026 hPa sedangkan di wilayah Australia berkisar antara 999 hingga 1018 hPa.

Terdapat bibit siklon tropik 99S di Laut Timor yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) di Laut Timor. Kondisi cuaca umumnya berpotensi hujan ringan hingga hujan Lebat. Suhu udara berkisar dari 19 hingga 29 derajat celcius, kelembaban udara berkisar antara 75 hingga 95 persen dan arah angin bertiup Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin 20-50 km/jam. (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments