Pakar Ramal Airlangga Tetap Kuda Hitam di Pemilu 2024

by -135 views

Airlangga Hartarto

JAKARTA – Pakar dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, mengungkapkan bahwa Partai Golkar bersama ketua umumnya Airlangga Hartarto tidak bisa dianggap remeh di Pemilu 2024 meskipun elektabilitas disebut menurun.

Pernyataan ini disampaikan Ujang merespons hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan elektabilitas Golkar saat ini berada di angka 8,6 persen, alias di urutan keempat di bawah PDI Perjuangan, Gerindra, dan Demokrat.

Menurutnya, Golkar dan Airlangga berpotensi menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan di Pemilu 2024.

“Airlangga dan Golkar bisa saja menjadi kuda hitam yang diperhitungkan,” kata Ujang kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/2).

Terkait penurunan elektabilitas Golkar berdasarkan hasil survei Litbang Kompas teranyar, Ujang menilai hal itu terjadi karena Golkar belum memanaskan mesin saat ini.

Menurutnya, elektabilitas Golkar akan sama dengan yang diperoleh PDIP dan Gerindra bila sudah memanaskan mesin nantinya.

“Kelihatannya belum memanaskan Golkar itu, sehingga dianggap hasil surveinya turun. Kalau sudah jalan, akan imbang dengan PDIP dan Gerindra,” ujarnya.

Ia berkata, peluang Airlangga menang di Pilpres 2024 juga terbuka lebar. Menurutnya, Airlangga punya banyak massa dan kader yang siap mendukung bila Airlangga kelak resmi diusung menjadi capres.

“Kuatnya dan solidnya Golkar dukung Airlangga di daerah. Itu jadi modal bagi Airlangga,” kata Ujang.

Ia pun mengingatkan, Golkar merupakan partai peraih kursi terbesar kedua di DPR RI periode 2019-2025. Ujang yakin, mesin Golkar di daerah mampu meningkatkan elektabilitas Airlangga.

“Airlangga bisa jadi kuda hitam. Airlangga akan kerja keras untuk menaikkan elektabilitasnya. Biasanya yang diremehkan itu akan mati-matian bisa diperhitungkan dalam pencalonan,” kata Ujang.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, mengungkapkan bahwa partainya masih optimis meraih kemenangan di Pemilu 2024 mendatang. Menurut Dave, pihaknya memiliki berbagai macam kekuatan serta infrastruktur hingga level desa untuk bisa meraih kemenangan di Pemilu 2024.

“Kita masih sangat yakin kita memiliki berbagai macam kekuatan internal dan eksternal, kita juga memiliki infrastruktur yang kuat sampai tingkat pedesaan untuk bisa menggapai kemenangan tersebut,” kata Dave.

Sementara itu, senior Partai Golkar ramai-ramai mendukung pencalonan Airlangga di Pilpres 2024. Seperti Aburizal Bakrie menyatakan siap pasang badan jika ada internal partai yang mengganggu pencalonan Airlangga dalam Pilpres 2024.

“Saya akan pasang badan, jika ada internal yang mengganggu pencalonan Airlangga sebagai Capres Golkar. Sekali lagi saya tegaskan jangan ada yang bermain di genderang orang lain,” kata Ical.

“Lebih baik kita bermain genderang kita sendiri. Jadi ingat itu ya, kita harus solid, karena dengan solid kita dapat meraih kemenangan,” tambahnya.

Senada dengan Ical, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono menyatakan hingga saat ini masih mendukung pencalonan Airlangga di Pilpres 2024. (cnn/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments