Rayakan Ultah Intan, Mgr Turang Telah Ajukan Pengunduran Diri ke Vatikan

by -314 views

Penjemputan Mgr Petrus Turang dengan tarian di halaman depan Gereja Assumpta.

KUPANG, mediantt.com – Hari ini, Rabu 23 Februari 2022, Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang, merayakan ulang tahun kelahiran ke-75. Peringatan usia intan ini dirayakan dalam misa pontifikal, yang disatukan dengan penutupan Sinodal Keuskupan Agung Kupang, di Gereja Sta Maria Assumpta. Mgr Turang pun akan memasuki masa pensiun bagi seorang uskup.

“Sesuai hukum kanonik Gereja Katolik, pada usia 75 tahun seorang Uskup wajib mengajukan pengunduran diri kepada Paus di Vatikan. Saya sudah mengajukan itu ke Bapa Paus,” kata Mgr Petrus Turang ketika memimpin misa pontifikal di Gereja Assumpta.

Misa pontifikal untuk ulang tahun Uskup Turang dan penutupan Sinodal Keuskupan Agung Kupang (KAK) itu dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate, Wagub NTT Josef Nae Soi, Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni, dan Wakil Bupati Kupang Jery Manafe. Juga para pastor, frater dan suster juga umat paroki Assumpta.

Mgr Petrus Turang mengatakan, pada 23 Februari ini ia memasuki usia 75 tahun. Artinya, akan pensiun. “Saya harus menulis surat pengunduran diri karena usia saya sudah memasuki 75 tahun. Saya akan menjadi Uskup Emeritus,” ujarnya.

Surat itu akan ditujukan kepada Paus di Roma, Vatikan. “Soal diterima atau tidak, itu urusan Paus tapi saya wajib mengajukan pengunduran diri kepada Paus karena sudah memasuki usia 75 tahun,” tegas Mgr Turang.

Untuk diketahui, Hukum Gereja (KHK Kanonik No 401) mengatur bahwa seorang uskup diharapkan mengajukan izin mengundurkan diri dari jabatannya, jika; pertama, dia sudah genap berusia 75 tahun (pasal 1) atau jika karena alasan kesehatan atau alasan lain yang berat, dia tidak bisa lagi menjalankan tugasnya dengan baik (pasal 2).

Sementara itu, Wakil Gubernur Josef Nae Soi dalam sambutannya mengatakan, atas nama Gubernur Viktor Laiskodat dan rakyat NTT mengucapkan selamat ulang tahun kelahiran ke-75 bagi Mgr Petrus Turang. Menurut dia, Mgr Turang adalah sosok gembala yang banyak memberi kontribusi bagi daerah, dengan keteladanan hidup.

“Saya dan tentu saja Gubernur Viktor berharap pengunduran diri Bapa Uskup tidak diterima oleh Bapa Paus. Karena kami masih membutuhkan Bapa Uskup, setidaknya sampai selesai masa kepemimpinan kami di tahun 2023,” kata Wagub dan disambut tepuk tangan umat.

Bantu Rp 1 Miliar

Menteri Kominfo Johny G. Plate juga memberi apresiasi dan selamat kepada Mgr Petrus Turang yang telah berkeliling sambil berbuat baik di Keuskupan Agung Kupang selama hampir 25 tahun sebagai gembala umat. “Saya memberi hormat dan selamat untuk ulang tahun kelahiran Bapa Uskup dan juga atas pengabdian sebagai gembala umat di Keuskipan Agung Kupang. Teruslah menjadi teladan bagi semua orang,” kata Politisi Nasdem ini.

Pada kesempatan itu, Johny Plate juga memberikan hadiah Rp 1 miliar kepada Uskup Agung Kupang yang akan digunakan untuk pendidikan para calon imam di Keuskupan Agung Kupang.

“Kalau bapa Uskup sudah siapkan Rp 1 miliar sebagai hadiah dari semua paroki, maka saya gandakan dengan bantuan Rp 1 miliar,” kata putra Manggarai ini, dan menyerahkan langsung kepada Mgr Turang di dalam gereja.

“Terima kasih Bapa Menteri Johny Plate yang telah memberi banruan bagi pendidikan para calon imam di Keuskupan Agung Kupang. Terima kasih juga untuk para pastor dan seluruh umat, terutama umat paroki Assumpta,” kata Mgr Petrus Turang, pemilik moto “Berkeliling Sambil Berbuat Baik’ ini.

Usai misa pontifikal dilanjutkan dengan resepsi bersama di Aula Assumpta untuk merayakan Ultah Mgr Uskup Turang, dengan makan bersama dalam suasana penuh kekeluargaan dan persaudaraan. Disemaraki dengan hiburan lagu-lagu dari umat dan para pastor. Ketua DPRD NTT Emiliana Nomleni turut menyumbang lagu bagi Uskup berjudul “Terima Kasih Tuhan”. (jdz)

1.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Godlief Neonufa
Godlief Neonufa
3 months ago

attact i submit