Gedung Ikonik Unwira Senilai Rp 48 Miliar Diresmikan Menkominfo Jhonny Plate

by -241 views

Menkominfo Jhonny Plate menandatangani prasasti peresmian Gedung Rektorat dan Aula disaksikan Mgr Petrus Turang dan Rektor Philipus Tule, SVD.

KUPANG, mediantt.com – Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang akhirnya memiliki gedung Rektorat yang representatif dan megah berbentuk Salib. Gedung yang menjadi ikonik kampus tersebut diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny Gerald Plate, Rabu (23/2).

Selain Gedung Rektorat St Arnoldus Janssen, Menkominfo juga meresmikan Aula Serbaguna St Maria Immaculata, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Sebelum penandatanganan prasasti, Menkominfo Johnny Plate terlebih dahulu menggunting pita, menekan sirene, dan membuka selubung papan nama Gedung Rektorat Unwira di lobby Gedung Rektorat St Arnoldus Janssen. Selanjutnya ibadat pemberkatan oleh Yang Mulia Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang.

Pantauan VN, Menkominfo RI tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 Wita disambut dengan Natoni oleh masyarakat adat Timor dan tarian Likurai.

Telan Dana Rp 48 Miliar

Ketua Pengurus Yapenkar, Pater Yulius Yasinto, SVD dalam laporannya menjelaskan,npembangunan Gedung Rektorat St Arnoldus Janssen Unwira Kupang itu menelan anggaran Rp 48 miliar.

Menurut dia, usulan awal pembangunan Gedung Rektorat St Arnoldus Janssen disampaikan oleh Rektor Unwira periode 2013-2017.

Sebagai tindaklanjut dari persetujuan itu maka awal tahun 2016, Yapenkar menugaskan Rektor membentuk tim perencana yang terdiri dari dosen-dosen Arsitektur Fakultas Teknik Unwira.

Setelah melalui proses yang panjang maka desain gedung berhasil dirampungkan, dan setelah dipresentasikan dalam rapat koordinasi pengurus dan pengawas Yapenkar bersama pimpinan Unwira, desian disetujui dan pembangunan pun dimulai.

“Mulainya pembangunan Rektorat Unwira ditandai dengan ibadat peletakan batu pertama pada tanggal 1 April 2017. Sedangkan aula Serbaguna St Maria Immaculata dibangun pada tahun 2022,” kata mantan Rektor Unwira dua periode ini.

“Aula ini akan diperuntukkan untuk menjawab kebutuhan akan pelaksanaan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan berskala besar, seperti wisuda, orientasi mahasiswa baru, perayaan dies natalis, dan sebagainya, ” ujarnya.

Turut hadir Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Wakil Bupati Kupang Jery Manafe, Rektor Unwira Kupang Pater Philipus Tule. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments