Walikota Terima Direktur Logistik KKP Bahas Pembangunan Pabrik Es

by -152 views

Walikota Jeriko foto bersama Direktur Logistik KKP dan tim usai pertemuan.

KOTA KUPANG, mediantt.com – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, menerima kunjungan Direktur Logistik pada Direktorat Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), Ir. Berni A. Subki, Dipl.Oc, di ruang kerja Wali Kota Kupang, Selasa (15/2), membahas rencana pembangunan pabrik es batu di Pantai NBS Kota Kupang.

Direktur Logistik KKP Berni Subki mengatakan akan berpartisipasi dalam rencana pembangunan ini. “Memang kami sejak tahun 2020 menerima usulan dari Pemerintah Kota Kupang terkait pembangunan pabrik es. Namun pada tahun 2021 terjadi refokusing anggaran akibat pandemi Covid-19 sehingga anggaran beberapa bantuan untuk daerah dan program prioritas pemerintah dipangkas. Tetapi kami sudah komitmen agar program ini dapat segera dilaksanakan tahun ini,” jelas Ir. Berni.

Dia mengatakan, saat ini proses tender dan pemilihan calon pelaksana program sudah selesai dan kontraknya sudah dibuat. Bahkan sudah ada surat penunjukkan untuk dimulai pengerjaan per tanggal 12 Februari 2022, hingga 150 hari kalender ke depan. “Kami sudah berkoordinasi dengan kontraktor, pengawas dan perencana agar betul-betul berkontribusi dalam pembangunan ini,” kata Berni.

Dia menambahkan, pabrik es diperkirakan memiliki kapasitas produksi sebanyak 15 ton dengan tempat penyimpanan es sebesar 20 ton. Calon pengelola pabrik ini akan dilatih manajemen teknis. Selanjutnya, jika KKP RI dibutuhkan untuk perencanaan bisnis dan sebagainya, akan dilakukan via daring.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore menyampaikan terima kasih atas bantuan KKP berupa pembangunan pabrik es yang merupakan salah satu program prioritas yang berhasil diperjuangkan Walikota. Pria yang akrab disapa Jeriko itu juga mengungkapkan terima kasih atas bantuan KKP berupa 1.000 paket bantuan operasional melaut untuk nelayan di Kota Kupang pasca bencana badai siklon tropis seroja tahun lalu. Menurutnya, badai siklon tropis seroja tahun lalu menyebabkan hampir 400 kapal besar dan kecil hancur. Saat ini pemerintah telah membantu menyediakan 100 kapal kecil untuk nelayan.

Hadir bersama Direktur Logistik, Korkel Pengadaan dan Penyimpanan pada Direktorat Logistik KKP RI Harli, dan Staf PPK pada Direktorat Logistik KKP RI, Ahmad Zuhdi, serta Sekretaris Pribadi Direktur Logistik, Andi R. Pratama. Sedangkan dari Pemkot Kupang, hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Ignasius Repelita Lega, SH, Kadis Kelautan dan Perikanan, Ejbends HDS Doeka, S.Sos, M.Si, Kalak BPBD, Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si, Kabag Hukum Setda, Pauto W. Neno, SH, Kabag Tata Pemerintahan Setda, Hengky C. Malelak, S.STP, M.Si, Sekretaris Dinas Perikanan, Anika T. Leny Bella, SE, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan, Robby Y. Adam, S.ST.Pi, M.Si. (ain/st)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments