ITN Malang Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di SMK Katolik Nenuk

by -267 views

Siswa Kelas XII SMK Katolik St Yosef Nenuk foto bersama tim dari ITN Malang.

NENUK, mediantt.com – Lembaga penerimaan mahasiswa baru dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengadakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru bagi siswa-siswi kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Katolik Santo Yosef Nenuk, Rabu (16/02/22).

Kegiatan sosialisasi yang diadakan di aula sekolah ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMK Katolik St.Yosef Nenuk melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum, Hendrikus Eres, S.Pd.

Dalam paparannya, Kepala Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru ITN Malang, Sudiro, ST, MM mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk menyampaikan informasi secara langsung dan jelas kepada siswa-siswi kelas XII SMK Katolik St. Yosef Nenuk tentang bagaimana strategi memilih program studi dan strategi memilih perguruan tinggi.

Menurut dia, pada tahun ini ITN Malang akan memberikan privilege kepada sekolah-sekolah di NTT khususnya sekolah-sekolah yang dikunjungi untuk bisa masuk ke ITN Malang tanpa test melalui jalur undangan.

Kemudian lanjut dia secara khusus tim lembaga penerimaan mahasiswa baru juga mau menyampaikan profil serta sistem pembelajaran di ITN Malang.

“Khusus untuk SMK Katolik St.Yosef Nenuk, karena sudah lama bermitra kami mengingatkan lagi agar bisa melanjutkan kerjasama, baik itu kerjasama praktek dan lapangan dengan ITN Malang,” kata Sudiro.

Dia mengakui, memang secara spesialis sudah bermitra lama dengan SMK Katolik St. Yosef Nenuk dan yang lebih banyak dibicarakan adalah aspek kerja sama pembelajaran tahap lanjut.

Dijelaskan, untuk program studi, di ITN Malang ada beberapa prodi yakni Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknik Industri (FTI) untuk jenjang strata satu (S1) dan Diploma III (D III) serta Prodi Pasca Sarjana (PPS).

Untuk program studi FTI ada beberapa jurusan diantaranya, Teknik Mesin S-1 (Akreditasi B), Teknik Industri S-1 (Akreditasi B), Teknik Elektro S-1 (Akreditasi A), Teknik Kimia S-1 (Akreditasi B), Teknik Informatika S-1 (Akreditasi B), Bisnis Digital S-1 (Akreditasi B), Teknik Listrik D-III (Qkreditasi B) dan Teknik Mesin D-III (Akreditasi B).

Sedangkan untuk program studi FTSP ada beberapa jurusan diantaranya Teknik Sipil S-1 (Akreditasi B), Arsitektur S-1 (Akreditasi B), Perencana Wilayah dan Kota S-1 (Akreditasi A), Teknik Geodesi S-1 (Akreditasi B) dan Teknik Lingkungan S-1 (Akreditasi B).

Khusus untuk SMK maupun SMA yang mau mendaftar di ITN Malang diupayakan untuk series atau sama mata pelajarannya. “Seperti di SMK Nenuk yang sekarang sedang studi di jurusan Desain Pemodelan dan informasi Bangunan (DPIB) dan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) paling tidak bisa memilih jurusan Arsitek maupun Teknik Sipil di ITN Malang, begitupun dengan jurusan lain,” jelas Dosen Teknik Lingkungan ITN Malang ini.

Dia juga menjelaskan, dalam memilih jurusan dianjurkan supaya tidak mengikuti trend dan juga jangan hanya karena rasa solidaritas melainkan pilihlah sesuai passion masing-masing. “Pilihlah jurusan sesuai hati dan passion tanpa ikut orang lain atau teman,” pesannya mengingatkan.

Dengan adanya sosialisasi ini, dia berharap terjalin komunikasi yang baik antara ITN Malang dengan SMK Katolik St. Yosef Nenuk. Selain itu juga siswa-siswi SMK Katolik St.Yosef Nenuk bisa memandang ITN Malang untuk melanjutkan kuliah ke jenjang perguruan tinggi.

Wakasek Kurikulum SMK Katolik St. Yosef Nenuk, Hendrikus Eres mengucapkan terimakasih kepada tim dari ITN Malang yang telah memberikan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru kepada siswa-siswi kelas XII.

“Terima kasih untuk informasi dan pencerahan dari tim lembaga penerimaan mahasiswa baru
ITN Malang yang telah datang jauh-jauh untuk berikan sosialisasi,” kata Eres.

Dia menambahkan, selama ini SMK Katolik St.Yosef Nenuk dengan ITN Malang sudah cukup lama bermitra. Jika nanti ke Kota Malang, alangkah baiknya jika pilihan utama untuk lanjut kuliah adalah ITN Malang, karena memang banyak alumni yang sudah selesaikan studinya disana.

“Untuk pilihan jurusan janganlah ikut-ikutan teman. Pilihlah jurusan sesuai hati dan passion dan kunci dari semua itu harus lulus dulu dari SMK Katolik St.Yosef Nenuk,” pesan guru senior asal Nurobo ini.

Sedangkan Wakasek Humas SMK Katolik St. Yosef Nenuk, Hilarius Moruk, S.Pd ketika dikonfirmasi mengatakan, yang dibicarakan dengan tim dari lembaga penerimaan mahasiswa baru ITN Malang lebih mengarah pada vokasi.

Menurut dia, yang diincar dari ITN Malang adalah vokasi dalam hal kerjasama praktek dan lapangan dengan ITN Malang. “Kesempatan ini adalah peluang bagus membangun kerjasama vokasi ini. Pelajaran kita di sini diakui oleh ITN Malang,” jelas Hila.

Untuk diketahui, tata cara pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan secara online (daring) dan offline (luring).

Untuk daring calon mahasiswa baru bisa mendaftar melalui laman https://www.itn.ac.id dan https://pmb.itn.ac.id sedangkan bagi yang mendaftar secara luring bisa langsung mendatangi kampus ITN Malang.

Jadwal pendaftaran seleksi masuk mahasiswa baru dilaksanakan 3 gelombang. Gelombang I, pendaftaran dan seleksi masuk dimulai dari tanggal 10 November 2021-30 Juni 2022 dengan potongan biaya SPP sebesar Rp 2 juta, Gelombang II pendaftaran seleksi masuknya tanggal 1 Juli- 31 Agustus 2022 dengan potongan SPP Rp1 juta sementara Gelombang III dari 1 September hingga 30 September 2022 tanpa adanya potongan. (agus kefi)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments