Gubernur VBL Tidak Tanggapi Surat Pembatalan Pelantikan Wakil Bupati Ende

by -339 views

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Prisila Q. Parera.

KUPANG, mediantt.com – Pelantikan Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede masih menuai polemik karena adanya surat dari Kementerian Dalam Negeri yang membatalkan SK pelantikan. Namun, surat penarikan SK pelantikan ini tidak ada tanggapan dari Pemprov NTT, dalam hal ini Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Ketika menggelar jumpa pers di kantor Gubernur NTT, Jumat (28/1/2022) malam, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Prisila Q. Parera, tidak mau menanggapi pertanyaan awak media terkait surat pembatalan dari Kemendagri tersebut.

Dia hanya menyampaikan ucapan terima kasih dari Gubernur VBL kepada semua pihak yang sudah ikut menyukseskan pelantikan Wakil Bupati Ende. Ia juga menegaskan, karena sudah dilantik, maka konflik atau perbedaan pendapat yang selama ini terjadi dihentikan agar proses pembangunan berjalan dengan baik.

“Bapak gubernur juga meminta agar Bupati dan Wakil Bupati Ende dapat berkonsolidasi dan membangun soliditas untuk melaksanakan pembangunan di Ende dan juga mendukung pembangunan Provinsi NTT,” kata Prisila.

Untuk diketahui, beredar surat dari Kemendagri dengan Nomor 132.53/956/OTDA, tertanggal 27 Januari 2022. Isi surat tersebut yakni membatalkan pelantikan Wakil Bupati Ende.

Surat itu ditandatangani an. Sekretaris Dirjen Otonomi Daerah, Kepala Bagian Umum, Afif Amirullah. Sebelum surat tersebut tersebar, ada postingan di aplikasi ULA Kemendagri yang menyatakan alasan penolakan untuk usul pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Ende belum dapat diproses.
Alasannya, karena tidak melampirkan usulan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pengusung. Inilah yang menjadi dasar hukum, pembatalan pelantikan Erikos Emanuel Rede sebagai Wakil Bupati Ende.

Pelantikan Wakil Bupati Ende Erikos Rede dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Kamis (27/1/2022) malam. Sebelumnya, pelantikan dijadwalkan dilaksanakan Jumat (28/1/2022) sore, pukul 15.00 Wita. Namun, tiba-tiba saja jadwal berubah dan pelantikan dimajukan. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments