Komisi IX Minta Pemerintah Siapkan Semua Kekuatan Cegah Varian Omicron

by -275 views

Melkiades Laka Lena

KUPANG, mediantt.com – Pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan virus Covid-19 varian Omicron telah masuk Indonesia. Karena itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkiades Laka Lena, meminta pemerintah menyiapkan semua kekuatan untuk mencegah penularan varian Omicron ini.

“Pertama kami mengapresiasi keterbukaan pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan, yang telah mengumumkan secara resmi masuknya varian Omicron di tanah air dari luar negeri kepada seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet Jakarta,” kata Laka Lena kepada wartawan, Kamis (16/12).

Politisi Golkar ini juga meminta masyarakat untuk mulai meningkatkan kewaspadaan, antisipatif dalam menghadapi setiap perkembangan varian omicron ini secara rasional.

“Pesannya bahwa titik penularan paling mungkin (rawan) itu melalui pintu masuk terutama jalur udara dari luar negeri, sehingga kita harus lebih waspada dan ekstra hati-hati dalam merespon omcron ini,” kata Ketua Golkar NTT ini.

Dia juga meminta masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan dan disiplin dengan pelaksanaan prokes 3 M dan 5 M. “Deteksi juga harus dilakukan lagi dengan masif di berbagai penjuru tanah air, terutama di pintu-pintu masuk, juga memperluas testing dan tracing,” saran Laka Lena.

Menurut dia, terkait penanganan perawatan pasien covid-19 varian baru ini, baik di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya, terutama tentang obat-obatan dan sarana prasarana yang dibutuhkan, harus disiapkan dengan baik, termasuk SDM yang menangani covid-19.

“Vaksinasi pun jangan pernah kendor. Menurut laporan kemenkes vaksinasi makin menurun. Untuk itu capaian harian harus kita kencangkan hingga 70 persen lebih untuk sasaran dosis pertama dan kedua, termasuk persiapan booster di tahun depan,” tegas Melki.

Kepada pemerintah, Wakil Ketua Komisi IX juga berharap untuk mempersiapkan satgas dan komite penanggulangan covid dan PEN yang dipimpin Pak Airlangga Hartarto, karena menghadapi tantangan yang tidak muda. Karena itu, semua satgas dari pusat hingga desa/ kelurahan dan RT/RW harus dipersiapkan dengan baik karena varian omicron sudah ada.

“Mari kita semua bersinergi bersama menghadapi varian omicron dengan baik sama seperti kita bisa melewati varian delta dengan baik,” imbuh Laka Lena.

Dikutip dari bisnis.com, pemerintah mengumumkan bahwa virus Covid-19 varian Omicron sudah masuk Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Kementerian Kesehatan mendeteksi kasus pertama infeksi varian Omicron terhadap seorang WNI yang bertugas di Wisma Atlet.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan salah satu dari tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, positif Omicron setelah dilakukan Genome Sequencing.

Menkes melanjutkan, pasien N adalah pembersih di Wisma Atlet di mana Pada 8 Desember 2021 sampelnya diambil kemudian dikirim ke Kemenkes untuk di tes genome sequencing. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments