Kemenpora Gandeng Dispora dan Yayasan Lintas NTT Gelar Kejuaraan

by -115 views

Pertandingan Tinju

KUPANG, mediantt.com –
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga bekerjasama Dinas Kepemudaaan dan Olahraga Provinsi NTT, dan Lembaga Yayasan Lintas NTT menggelar kejuaraan tinju, karate, dan taekwondo antara kabupaten/kota serta dojang dan sasana di Kota Kupang.

Even ini secara resmi dilaksanakan Pemprov NTT melalui Dispora NTT pada, Rabu (15/12), di Aula Sasando, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, dan akan berakhir pada 19 Desember 2021.

Ketua Panitia Pelaksana, Hermensen Ballo, SH, melaporkan bahwa even ini terselenggara dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun NTT ke-63 tahun 2021.

Kejuaraan ini diselenggarakan langsung oleh Pengurus Provinsi tiga cabang olahraga yakni, Pertina, TI, dan Forki NTT, dengan melibatkan Sasana Tinju, Dojo, dan Dojang se-Nusa Tenggara Timur.

Her Ballo menjelaskan, pada cabang olahraga melibatkan 27 pengurus kabupaten/kota, dan sasana di NTT dan salah satunya dari Tangerang Selatan. Jumlah peserta 157 petinju terdiri dari 115 putera dan 42 puteri, dan mempertandingkan 140 pertandingan.

Cabang olahraga karate mempertandingkan 10 nomor pertandingan perorangan putera-puteri, komite junio putera -60 kg, + 61 kg, dan puteri -53 kg, +53 kg. Komite under 22, putera -60 kg dan puteri -60 kg, -55 kg, dan +55 kg. “Total atlet sebanyak 50 orang, terdiri dari 30 putera dan 20 puteri,” sebut dia.

Cabang olahraga Taekwondo mempertemukan atlet-atlet yang berada pada sentra keolahragaan PPLP, PPLMD, PPLD dan SKO, Dojang, dan unit latihan yang tersebar di lima kabupaten/kota sedaratan Timor, dengan jumlah peserta 150 orang terdiri dari 75 putera dan 75 puteri.

Lokasi kejuaraan masing-masing adalah, tinju di Aula Komodo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, sedangkan Karate dan Taekwondo di Gedung Olahraga Futsal Oepoi Kupang, pada 15-19 Desember 2021.
Seluruh biaya yang ditimbul atas kejuaraan tersebut dilaporkan Ketua Panitia Pelaksanan, bersumber dari Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Penyelenggaraan kejuaraan ini mengusung visi desain besar olahraga nasional yang sedang disosialisasikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yakni, mewujudkan Indonesia bugar. Sedangkan tema besarnya adalah “Melalui Kejuaraan Tinju, Karate, dan Taekwondo untuk Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia.

Ketua Pertina NTT Samuel Haning ketika membuka kejuaraan ini memberi apresiasi kepada Pemerintah Pusat melalui Kemenpora dan Pemda NTT melalui Dispora yang telah menyelenggarakan even ini, untuk menjaring atlet-atlet lapisan baru untuk dipersiapkan menghadapi PON tahun 2028, yang akan diperjuangkan pelaksanaannya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dia berharap, para pelatih, pengurus, dan panitia bekerja maksimal mensukseskan kejuaraan ini, demi mendukung pembinaan olahraga di NTT.

Pelatih Sasana Tinju Laka Boxing Camp, Antonius Waso pada kesempatan turut menyampaikan terima kasih kepada Kemepora dan Dispora NTT yang telah menyediakan ruang evaluasi bagi anak-anak asuhnya untuk menguji dan mengukur kemampuan latihan mereka yang vakum sejak 2019 akibat pandemi covid-19. (eman)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments