FPG Minta Harus Ada Pungutan Retribusi Galian C di Desa Butefa

by -149 views

Klemens Anin

KEFAMENANU, mediantt.com – Potensi penambangan galian C di TTU banyak, namun masih ada yang belum dikelolah secara baik hingga kepada penarikan pungutan retribusi. Ini yang terjadi pada penambangan galian C di lokasi Benfai Desa Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD TTU, Klemens Anin kepada mediantt.com, Jumat (26/11), mengatakan, penambangan Galian C di lokasi Benfai Desa Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur, yang dilakukan secara besar-besaran, kini berdampak pada rusaknya lingkungan, terutama pada bibir kali yang sudah sulit dikendalikan, sebagaimana yang tertuang dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.

Karena itu, menurut dia, merujuk pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, maka FPG DPRD TTU menegaskan, segala aktivitas penambangan galian C dan sejenisnya harus diatur secara baik dan dipungut retribusi.

“Kami (FPG) menduga aktivitas galian golongan C di Benfai Desa Bitefa Kecamatan Miomaffo Timur itu ada jaringan mafia terkait pungutan pajak atau retribusi di lokasi tersebut. Padahal kalau aktivitas penambangan di lokasi tersebut dikelola secara baik, tentu akan meningkatan pendapatan daerah,” katanya. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments