Orasi untuk Wisudawan Unflor, Airlangga Minta Jadi Akselerator Wirausaha dan UMKM

by -112 views

Airlangga Hartarto

ENDE, mediantt.com – Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, meminta para wisudawan Universitas Flores (Unflor) Ende untuk terjun dalam dunia wirausaha dan UMKM, terutama sebagai akselerator.

“Pemerintah akan terus mendorong keterampilan talenta digital agar menjadi akselerator bagi para wirausaha dan mendorong digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga produktifitas dapat meningkat,” kata Airlangga ketika menyampaikan orasi ilmiah secara virtual pada wisuda semester genap Universitas Flores tahun Akademik 2021-2022, Kamis (25/11/2021).

Menurut Menko Airlangga, pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia sangat penting untuk mendorong aktivitas kewirausahaan yang saat ini masih rendah. Pemerintah pun berkomitmen untuk terus membangun kerja sama dengan stakeholder dan telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan HUMHM dan dibentuknya lembaga inkubator agar mahasiswa bisa difasilitasi.

Selain itu, sebut dia, lembaga Universitas Flores diminta untuk berpartisipasi mendorong bisnis melalui inkubator sebagai upaya menciptakan para wirausaha baru dapat dilaksanakan.

“Dukungan terhadap para wirausaha dilakukan melalui bantuan kartu pra kerja dan semi bansos,” kata Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Sementara itu, Rektor Universitas Flores Simon Sera Padji dalam sambutannya mengatakan, wisudawan harus menjadi agen perubahan dan mampu memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bermasyarakat. “Sekarang saatnya saudara mempertanggujawabkan ilmu di tengah masyarakat. Mampu memberi solusi dan menciptakan peluang-peluang usaha melalui ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Sira Padji.

Sebanyak 439 wisudawan/wisudawati Universitas Flores dikukuhkan sebagai sarjana. Rinciannya sebagai berikut; Fakultas Ekonomi (116 orang),  Fakultas Teknik (41), Fakultas Agroteknologi (32), Fakultas Bahasa dan Sastra (9), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (206), dan 13 orang dari Fakultas Hukum serta 22 orang dari Fakultas Teknologi Informasi.

Wisuda kali ini mengusung tema ‘Universitas Flores Membangun Generasi Yang Unggul dan Berbudaya’ dengan menonjolkan budaya asal Kabupaten Ngada. Seluruh dekorasi interior menggunakan motif pakaian adat Ngada.

Tidak hanya itu, civitas akademika dan para panitia mengenakan pakaian adat Ngada. Upacara wisuda yang dilaksanakan secara tatap muka dengan menjalankan protokol kesehatan ketat itu dihadiri Asisten I Setda Ende, Abraham Badu bersama segenap perangkat daerah Ende lainnya.

Hadir juga Bupati Ngada Andreas Paru, Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja, Kepala LLDIKTI XV Mangadas Lumban Gaol, Ketua DPRD Ende Ferry Taso, segenap pengurus Yapertif dan seluruh Kaprodi Uniflor serta 15 pasang orang tua/wali wisudawan terbaik dari 15 program studi. (ekorantt.com/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments