SMK Negeri 5 Kupang Belajar Tatap Muka Terbatas dengan Sistem Shift

by -151 views

Kepala SMK Negeri 5 Kupang, Dra Safirah Abineno.

KUPANG, mediantt.com – Setelah jenuh dengan belajar secara online selama masa pandemi, SMK Negeri 5 Kupang mulai menerapkan sekolah tatap muka terbatas. Namun demi mencegah penularan virus covid-19, maka sekolah tersebut menggunakan sistem shift.

“Kami sudah memberlakukan proses belajar mengajar tatap muka terbatas dengan menerapkan sistem shift dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat,” tegas Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Kupang, Dra Safirah Abineno, kepada mediantt.com di ruang kerjanya, Selasa (23/11).

Dia menjelaskan, sistem shift yang dimaksudkan adalah anak didik mengikuti pembelajaran di sekolah dalam dua shift. “Shift pertama mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 10.00 Wita. Dan shift kedua mulai pukul 10.30 Wita sampai dengan pukul 13.00 Wita,” jelas Dra Abineno.

Menurut dia, pembelajatan tatap muka terbatas ini sesuai dengan jadwal mata pelajaran atau roster yang disediakan. Dan, para guru pun ada di sekolah untuk mengajar sesuai roster. “Para guru standby dan mengajar sesuai mata pelajaran yang dibagi sesuai shift tersebut sehingga tidak ada kekosongan,” kata Kepsek yang mengurus 1.600-an siswa di sekokah tersebut.

Dia juga mengatakan, sekolah tatap muka terbatas dengan sistem shift ini untuk sementara hanya diberlakukan bagi siswa kelas X dan XI, karena siswa kelas XII sedang melakukan praktek lapangan. “Kelas XII sedang melakukan praktek lapangan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembelajaran tatap muka terbatas ini tetap mentaati protokol kesehatan secara ketat. Guru dan siswa wajib mencuci tangan sebelum masuk ruangan kelas dan selama pelajaran tetap menggunakan masker. “Jadi supaya mencegah penularan covid-19 kita berlakukan sistem shift,” katanya. (jely)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments