GRACIAS VALE! Rossi Pensiun Usai Balapan Sepanjang 46 Ribu Km

by -242 views

Valentino Rossi punya perjalanan karier yang panjang di dunia balap.

JAKARTA – MotoGP Valencia 2021 jadi momen istimewa. Ini adalah balapan terakhir Valentino Rossi di MotoGP. Sebuah finale buat Vale. Setelah seperempat abad berkarier di dunia balap motor, Rossi akhirnya memutuskan pensiun ketika MotoGP 2021 tuntas. Balapan MotoGP Valencia 2021 di Riccardo Tormo, Minggu (14/11/2021) malam WIB, akan jadi yang terakhir untuknya

MotoGP Valencia tetap punya magnet besar untuk dinikmati penggemar balapan meskipun gelar juara dunia MotoGP 2021 sudah dikunci oleh Fabio Quartararo.

Hal itu tak lepas dari fakta bahwa balapan kali ini bakal jadi balapan terakhir Rossi di ajang MotoGP. Selepas MotoGP 2021, Rossi bakal pensiun dari dunia balap motor.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Rossi bakal pensiun dengan catatan telah melakukan balapan lebih dari 46 ribu kilometer. Karier Rossi di dunia grand prix memang terbilang panjang. Rossi mulai turun di kelas 125cc pada 1996 ketika berusia 17 tahun.

Dipantau detikINET, Minggu (14/11/2021) trending topic Twitter dunia beberapa adalah terkait dengan balapan pamungkas Rossi. #GrazieVale ada di puncak trending topic Twitter dunia dengan 47.900 tweet.

Lalu Rossi ada di posisi kedua dengan 21.500 tweet. Lalu diikuti dengan #ValenciaGP dengan 26.100 tweet dan The Last Dance dengan 13 ribu tweet.

Kemudian masih ada lagi MotoGP dengan 67.300 tweet dan The Doctor dengan 51.600 tweet. Mulai dari akun resmi MotoGP, sejumlah influencer dan para fans, menyampaikan salam perpisahan untuk Rossi.

Membuat MotoGP Populer

Kompas.com melansir, Pebalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi, mengungkapkan pencapaian terbesar dalam karier balapnya. Valentino Rossi tengah berada di ujung karier balapnya karena telah memutuskan pensiun akhir musim ini.

Rider berjuluk The Doctor itu mengakhiri karier setelah 25 tahun terjun di dunia balap dari kelas 125cc hingga kelas Premier MotoGP.

Sejak memulai karier di kelas utama pada 2000 silam, Rossi tercatat telah menaiki podium sebanyak 199 kali dan mencatatkan 89 kemenangan.
Torehan tersebut menjadikan Rossi sebagai pebalap dengan catatan podium dan kemenangan terbanyak di MotoGP.

Pencapaian begitu luar biasa The Doctor itu pun membawa sang legenda telah meraih tujuh gelar juara MotoGP. Menjadi salah satu yang terbaik di MotoGP adalah sebuah kebanggaan bagi Rossi.

Namun, The Doctor mengatakan pencapaian terbesarnya bukan soal gelar juara yang dia menangkan, melainkan kesuksesan membuat MotoGP menjadi lebih populer.

Pembalap Spanyol Beri Tribut

Peran besar Valentino Rossi di MotoGP membuat para pembalap sedih saat sang legenda memutuskan gantung helm. Termasuk para rivalnya asal Spanyol.

Sepanjang kariernya di Kejuaraan Dunia Balap Motor yang dimulai sejak 1996, Valentino Rossi banyak memiliki rival hebat di lintasan. Di kelas bawah, 125cc (kini Moto3) dan 250cc (Moto2), Rossi banyak mendapatkan pesaing dari pembalap senegaranya.

Begitu naik ke kelas tertinggi, 500cc dan MotoGP, rival berat Rossi lebih banyak datang dari Spanyol. Sebut saja Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan tentu saja Marc Marquez. Namun, saat Valentino Rossi – juara dunia sembilan kali (125cc 1997, 250cc 1999, 500cc 2001, MotoGP 2002-2005, 2008, 2009 – mengumumkan pengunduran dirinya, banyak pembalap Spanyol, baik yang masih aktif maupun sudah pensiun, yang memberikan penghormatan (tribute) kepadanya.

Juara dunia Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Dani Pedrosa (KTM) langsung memberikan komentar berupa kenangan dan ucapan terima kasih kepada Rossi, dalam jumpa pers menjelang MotoGP Styria pada Kamis (5/8/2021) petang waktu Spielberg, Austria.

Sementara, sejumlah pembalap Spanyol lain memberikan tribute­ untuk Rossi lewat akun media sosial. Menariknya, sampai berita ini diturunkan, belum terlihat tribute dari Marquez bersaudara, Marc dan Alex, untuk Rossi, di akun media sosial mereka.

Dani Pedrosa, pembalap penguji KTM yang mendapatkan fasilitas wildcard di MotoGP Styria, mengaku sangat respek dengan apa yang sudah dilakukan Rossi di Kejuaraan Dunia Balap Motor.
“Sedih karena ini sesuatu yang pasti tidak pernah Anda inginkan. Terutama saat Anda turun di level tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor seperti yang ia lakukan selama 25 tahun (belum termasuk musim 2021),” ucap Pedrosa dalam akun media sosial MotoGP.

“Namun, ini sesuatu yang tidak bisa Anda setop. Cepat atau lambat, ini akan terjadi pada setiap pembalap. “Secara pribadi, saya hanya bisa mengatakan respek yang sangat besar untuk Rossi. Ia lebih dulu di sini sebelum saya. Lalu, saya pensiun dan masih melihatnya turun. Jadi, saya sangat menghormati itu. Saya juga berharap Rossi mendapatkan yang terbaik setelah pensiun.”

Pembalap tim pabrikan Aprila Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, mengaku beruntung dan bangga bisa bersaing dengan Rossi, yang disebutnya sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah, di lintasan lebih dari 10 tahun.  

“Tidak hanya karena rekor brutalnya, tetapi juga karena caranya memahami balap dan kehidupan, selalu dengan senyuman dan kesenangan. Jika MotoGP hari ini menjadi salah satu olahraga yang paling banyak ditonton di dunia, itu sebagian besar berkat Rossi,” katanya.

Hal senada diungkapkan adik Aleix Epargaro, Pol Espargaro. “Merupakan suatu kehormatan untuk berbagi karier olahraga saya bersaing dengan Anda! Terima kasih untuk semuanya, legenda,” kata pembalap Repsol Honda tersebut.

Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, juga memiliki kesan menarik bersama Rossi, baik saat bertarung di trek maupun di paddock, yang menurutnya tidak akan pernah ia lupakan.

“Sungguh menyenangkan bisa berbagi trek dengan seorang legenda. Saya akan bilang kepada anak saya, Lucas, bila ayahnya ini pernah berduel dengan The Doctor. Terima kasih untuk momen-momen indah dan saya berharap yang terbaik buat Anda di masa depan,” katanya.

“Dari idola menjadi rival. Terima kasih telah menjadi contoh buat saya, Rossi. Saya beruntung bisa berbagi trek dengan Anda,” kata Jorge Martin, rookie MotoGP 2021 dari Tim Pramac Racing.

“Saat kecil, Anda mengagumi seseorang. Dan ketika dewasa, Anda berbagi passion yang sama. Sungguh satu kebanggaan bisa berbagi sirkuit dengan Anda, Rossi,” tutur Iker Lecuona, pembalap muda Tech3 KTM Factory Racing. (cnn/dtc/kpc/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments