Jack Tufan Diprediksi Menangkan Pilkades Lamalera A dengan 400 Suara

by -617 views

Jack Tufan ketika kampanye terbuka di Neme Tufaona, Rabu 3 November 2021.

LAMALERA, mediantt.com – Senin 8 November 2021, besok, 144 desa di Lembata menggelar Pilkades serentak, termasuk Desa Lamalera A. Calon kuat Desa Lamalera A, Yakobus Glau Tufan, diprediksi memenangkan gawe politik itu. Meski masih juga ada gangguan dari tim lawan, namun anak tuan tanah ini dipastikan menang dengan perolehan suara 400 lebih atau sekitar 80 persen dari total 624 pemilih.

Informasi akurat yang diterima dari Lamalera A, Minggu (7/11), menyebutkan, kalkulasi atau hitungan sementara memperlihatkan bahwa Jack Tufan, sapaan akrab calon aspiratif ini, memiliki dukungan yang merata di semua dusun; Lewololon, Fung-Fukalere, Lamamanu dan Lewolein. Dua lawan politiknya tidak menjadi ancaman serius. Sebab hampir di setiap dusun, Yakobus Gelau memiliki dukungan fanatik yang tidak bakal lari saat pencoblosan.

“Hitungan kita bahwa calon kita bisa menang besar dari dua calon lain dengan perolehan 400 lebih suara dari total 624 pemilih. Karena dukungan kepada pa Kobus menyebar di semua dusun. Apalagi calon kita ini bukan maju karena keinginan pribadi tapi atas permintaan warga. Jadi kami sangat yakin bisa menang Pilkades Lamalera A,” kata Fransiskus Dike Namang, salah satu tim sukses kepada mediantt.com.

Informasi lain juga menyebutkan, pada masa tenang atau h-1 ini, masih ada tim lawan yang terus berupaya mempengaruhi warga dengan isu ‘asal bukan yakobus gelau’. “Mereka berusaha pengaruhi warga tapi diyakini tidak ada yang terganggu. Kita tetap waspadai manuver mereka, tapi kita yakin menang,” tambah Polus Hide Beran.

Calon Kades Lamalera A, Yakobus Gelau Tufan, ketika dihubungi mengaku sudah siap mental menerima apapun keputusan politik rakyat dalam Pilkades besok. Namun dari kerja tim dan dukungan yang dirasakan sangat kuat, maka dia juga optimistis memenangkan Pilkades Lamalera A. “Saya yakin menang karena ada dukungan yang besar kepada saya. Karena itu, saya minta semua pendukung dan tim tetap kawal suara terutama di H-1 ini hingga pencoblosan besok. Kita tidak boleh lengah,” kata Yakobus Gelau.

Wujudkan Desa Sejahtera

Cakades Yakobus Glau Tufan punya visi yang luhur; terwujudnya Desa Lamalera A yang Sejahtera dalam bingkai Levo Yang Bermartabat. Sementara misi yang diemban antara lain; (1) Mewujudkan pemerintahan desa yang bersih dan berwibawa. (2).
Meningkatkan kehidupan desa secara dinamis berbasiskan kearifan dan budaya Levo Lamalera.

(3) Mewujudkan dan membangun sarana dan prasaran desa secara memadai. (4) Mewujudkan perekonomian desa melalui pemberdayaan dan optimalisasi sumber daya desa. (5) Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam berpemerintahan maupun keseharian desa. (6) Meningkatkan pelayanan dasar desa.

“Sejahtera Desanya, Bermartabat Levo-nya”. Karena itu, “Jangan Cemas dan Khawatir(Jack). Ini Titipan Untuk LefotaNah (Tufan)”.

Dalam kampanye di Neme Tufaona, Yakobus Glau dengan rendah hati meminta dukungan dari ribu ratu (rakyat) dan juga memohon restu Tuhan dan leluhur agar kehendak dan kemauan rakyat atas dirinya demi kemajuan Desa Lamalera A, bisa terwujud.

Peluang dua calon lainnya dinilai kecil karena ada yang sedang tersangkut masalah dugaan korupsi dana anggur merah. “Kalau Hironinus Sesa Manuk itu diduga terlibat dana Anggur Merah sebesar Rp 200 juta. Karena hingga saat ini tidak pernah ada laporan pertanggungjawaban. Sementara calon lain (Agustinus Boli Korohama) dinilai punya moralitas yang diragukan,” beber sumber terpercaya.

Pilkades Lamalera A akan diikuti oleh 624 pemilih. Pemilih yang menyebar di 4 Dusun itu akan dibagi dalam dua tempat pemungutan suara (TPS). Yakni TPS 1 di Kantor Desa Lamalera A sebanyak 429 pemilih dan di TPS 2 di Dusun Lamamanu, sebanyak 195 pemilih.

278 Personel Amankan Pilkades

Sementara itu, dari Lewoleba dilaporkan, Polres Lembata menerjunkan menerjunkan sedikitnya 198 personel untuk membantu pengamanan Pilkades tahun di 144 desa. Juga, pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) sebanyak 80 personel dari Polda NTT.

Kapolres Lembata, AKBP Yoce Marten kepada pers, usai apel Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) di halaman Polres Lembata, Sabtu (6/11), mengatakan, ratusan personel Polisi itu bertugas mengamankan 297 TPS yang tersebar di sembilan kecamatan di Lembata. “Total ada 278 orang (personel),” terang Yoce Marten. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *