Walikota Optimistis Penataan Kota di Tiga Lokasi Tuntas Akhir Tahun

by -165 views

Walikota Kupang saat meninjau pembangunan Penataan Kota di tiga lokasi.

KOTA KUPANG – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH optimistis pekerjaan penataan Kota Kupang di tiga lokasi akan berakhir sesuai target pada Desember 2021. Kepastian tersebut disampaikan saat turun langsung meninjau progres pekerjaan di tiga lokasi, Jumat (5/11).

Tiga lokasi dimaksud antara lain pengembangan kawasan pantai LLBK, pekerjaan pengembangan kawasan pantai Kelapa Lima serta penataan kota koridor III di Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah kawasan pantai LLBK dan terminal Kupang. Di lokasi tersebut Wali Kota yang didamping Kepala Dinas Perhubungan dan Kasat Pol PP minta agar arus lalu lintas di kawasan tersebut diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu proses pekerjaan yang sedang berjalan. Wali Kota juga berkesempatan berdialog dengan salah satu pemilik toko yang areal depannya dilintasi pekerjaan tersebut, dan memastikan bahwa pekerjaan drainase yang sedang berjalan tidak menimbulkan penyumbatan dan genangan air di lokasi pertokoan.

Kasie Pelaksana Wilayah 1 Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT, Doddie Soetopo mengatakan, pengembangan kawasan pantai LLBK ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain tentang bagaimana memadukan antara pengembangan UMKM dan pengembangan potensi pariwisata. Selain menyediakan dua bangunan khusus bagi para pelaku UMKM, khususnya penjual jajanan, di lokasi tersebut juga disediakan fasilitas publik layaknya plaza atau square di luar negeri.

Lokasi kedua yang dikunjungi adalah pekerjaan pengembangan kawasan Pantai Kelapa Lima di depan Hotel Aston. Menanggapi permintaan kontraktor pelaksana, Wali Kota memerintahkan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Kupang untuk segera mungkin mengirimkan surat kepada semua pihak terkait yang memiliki jaringan kabel di depan kawasan tersebut, agar memindahkan jaringan kabelnya ke jalur bawah tanah yang akan disediakan. Kepada Kasat Pol PP serta Camat dan Lurah Kelapa Lima, Wali Kota minta untuk segera menyelesaikan persoalan lahan yang belum tuntas agar tidak mengganggu kelanjutan pekerjaan.

Lokasi terakhir yang dikunjungi Wali Kota adalah jalur pedestrian di koridor III, Kelurahan Fatululi, tepatnya di belakang Pos Polisi Bundaran El Tari.

Usai melakukan peninjauan Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya dan Kementerian PUPR yang telah berjuang keras menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai target. Semula diakuinya sempat kurang yakin pekerjaan tersebut bisa selesai sesuai batas waktu yang ditargetkan. Namun setelah melihat langsung progres pekerjaan dan mendengar penjelasan dari kontraktor dan PPK, Wali Kota optimis Desember 2021 warga Kota Kupang sudah bisa menikmati hasil pekerjaan tersebut.

Wali Kota juga menjelaskan pembiayaan pekerjaan penataan kota ini bukan berasal dari APBD Pemkot Kupang, melainkan bersumber dari dana direktif presiden sebagai bentuk dukungan atas usulan penataan kota yang disampaikan Wali Kota kepada pemerintah pusat.

Selain tiga lokasi yang dikunjungi hari ini, menurut Wali Kota, masih ada banyak pekerjaan penataan kota lainnya yang didukung dengan dana dari pemerintah pusat seperti pengolahan sampah, pembangunan drainase dan penataan kembali 3 bundaran serta pembangunan 4 gerbang masuk Kota Kupang, yang saat ini sedang dalam proses.

Wali Kota berharap, pembangunan yang sudah mulai berjalan selama masa kepemimpinannya kurang lebih 3-4 tahun terakhir ini membawa manfaat bagi seluruh warga Kota Kupang, tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan akan tempat rekreasi dan hiburan tapi juga untuk pengembangan ekonomi warga terutama UMKM. Apalagi menurutnya di dua lokasi yakni LLBK dan Kelapa Lima telah disediakan bangunan khusus bagi para pelaku UMKM dan pedagang kecil sebagai tempat berjualan. Tentunya diharapkan para pedagang yang akan menggunakan fasilitas tersebut turut menjaga kebersihan dan keindahan tempat tersebut. Warga juga diimbau turut menjaga agar semua fasilitas yang sudah dibangun tersebut dijaga agar selalu dalam kondisi baik dan tertata, sehingga bisa dinikmati oleh semua orang.

Senada dengan Wali Kota, Project Manager PT. Brantas Abipraya, Eko Sukma Putra selaku kontraktor pelaksana juga memastikan pekerjaan paket penataan kota di tiga lokasi senilai Rp 81 miliar itu, bisa selesai tepat sesuai target waktu yang ditentukan yakni Desember 2021.

Turut mendampingi Wali Kota dalam kunjungan tersebut Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, perwakilan dari Dinas PUPR Kota Kupang beserta camat dan lurah setempat. (ans/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *