Terima Kasih Bagimu Pejuang Otonomi, Semangatmu Teladan Kami!

by -187 views

Peringatan HUT ke-22 Otonomi Lembata, di halaman Kantor Bupati, Selasa (12/10).

LEWOLEBA, mediantt.com – Perayaan HUT Otda Lembata ke-22 dilakukan secara sederhana, tanpa gegap gempita dan semarak acara. Acara digelar di halaman kantor Bupati Lembata dengan Ketua DPRD Petrus Gero, S.Sos sebagai pembina upacara. Dia menyampaikan terima kasih bagi para pejuang Otonomi Lembata; Semangatmu Teladan Kami.

“22 (dua puluh dua) tahun telah kita jalani bersama dalam mengisi otonomi daerah ini. Otonomi telah memberi ruang luas merespon kebutuhan dan kehendak rakyat. Otonomi mendekatkan pelayanan publik dan memberi ruang partisipasi demokratisasi, menjadi sarana kaderisasi calon pemimpin, serta mendorong inovasi sesuai karakter sosial, ekonomi, dan budaya di daerah dalam konteks kepentingan nasional,” kata Piter Gero.

Karena itu, Ketua DPRD mengajak warga Lembata, untuk bersyukur dan berterima kasih kepada para pejuang otonomi. “Sebagai generasi penerus, saya mengajak kita sekalian berdoa bagi para pejuang otonomi yang telah berpulang agar mendapat tempat yang layak di sisi-Nya. Doa yang sama juga untuk keluarga, pelaku sejarah otonomi daerah yang masih bersama kita, agar diberi kesehatan dan kekuatan dalam mengisi otonomi daerah ini,” katanya mengajak.

Dia juga mengatakan, otonomi juga melahirkan pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan diri dengan perubahan dan keadaan baru.

Karena itu, pada momentum ini, Ketua DPRD Lembata kembali mengajak semua pihak menjadikan otonomi daerah sebagai ajang pembelajaran dari spirit dan teladan para pejuang otonomi, para founding fathers Lembata yang telah mewariskan spirit
“TAAN TOU”; spirit keutuhan dan kebersamaan, gotong-royong, gigih berjuang, ketangguhan, dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai cita-cita otonomi ini. Juga, upaya membangun kemandirian dalam menggapai kehidupan lebih baik di tengah keterbukaan dan rintangan yang dihadapi.

“Semua ini menjadi modal sosial kita dalam mengakselerasi kebangkitan untuk Lembata Sehat, Lembata Tumbuh, Lembata Produktif, dalam branding “Healtiest From The East”, katanya.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah Kabupaten Lembata dihadiri pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD dan seluruh ASN. Juga, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata, Ketua, dan Wakil-wakil Ketua DPRD, Ketua Bhayangkari Lembata, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Kabupaten Lembata, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata.

Selain itu, mantan Wakil Bupati Lembata Tahun 2006-2011, Drs. Andreas Nula Liliweri, mantan Penjabat Bupati Lembata Tahun 2011, Drs. Petrus Toda Atawolo, M.Si, mantan Penjabat Bupati Lembata Tahun 2016-2017, Drs. Sinun Petrus Manuk, mantan Sekretaris Daerah Tahun 2004-2008, Drs. Aloysius da Silva, mantan Sekretaris Daerah Tahun 2008-2017, Drs. Petrus Toda Atawolo, M.Si, Ibu mantan Penjabat Bupati Lembata/mantan Ketua Tim Penggerak PKK Tahun 1999-2001, Ny. Yashinta Lay Keraf, Ibu mantan Bupati Lembata/mantan Ketua Tim Penggerak PKK Tahun 2001-2011, Ny. Margareta Hurek Making Manuk, Ibu mantan Bupati Lembata/mantan Ketua Tim Penggerak PKK Tahun 2017-2022, Ny. Yuni Damayanti Sunur, S.E, Ibu mantan Wakil Bupati Lembata/mantan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Tahun 2001-2006, Ny. Maria Pukan Kobun, para pelaku Perjuangan Otonomi Daerah Lembata beserta keluarga, pimpinan Partai Politik, tokoh Agama dan tokoh masyarakat, pimpinan lembaga Keuangan dan Perbankan, pimpinan BUMN dan BUMD dan Insan Pers.

Pejabat yang bertugas adalah sebagai berikut; Pembina Upacara Ketua DPRD Petrus Geros, dengan cadangan Sekda, Paskalis Ola Tapobali, Perwira Upacara oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Aloisius Buto dengan cadangan Asisten Administrasi Umum, Wenseslaus Ose, Pemimpin Upacara Kepala Bagian Pemerintahan, Jhon Arimong dengan cadangan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia pada Bappelitbangda.

Sementara petugas lainnya, pembaca naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kedang Paulus, pembaca naskah Memorandum 7 Maret 1999 oleh Pelaku Otonomi Daerah, Yohanes Vianei K. Burin, Doa oleh Romo Yermin Rianghepat, Pembawa Lambang Daerah oleh Pasukan Kehormatan dari Satuan Polisi Pamong Praja.

Upacara ini juga didukung oleh korps musik SMA Katolik Frateran Don Bosco Lewoleba. (pei/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments