FPG Minta Pemkab TTU Optimalkan Penggunaan Dana SILPA

by -137 views

Dionisius Ulan, S.Pt, M.Si

KEFAMENANU, mediantt.com – Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD TTU terus mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU untuk selalu efisien dalam penggunaan anggaran. Karena itu, FPG ingatkan pemerintah untuk mengoptimalkan dana SILPA.

Kepada mediantt.com, Selasa (12/10), Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD TTU, Dionisus Ulan, S.Pt, M.Si, mengatakan,
pelayanan publik harus memenuhi porsi minimum atas jenis belanja wajib tertentu, baik yang dimandatkan oleh UU seperti anggaran pendidikan maupun dalam Undang-Undang lain termasuk batasan belanja pegawai dan belanja infrastruktur. Terutama optimalisasi penggunaan SILPA berbasis kinerja untuk belanja daerah berdasarkan perhitungan sebagaimana yang diarahkan Menteri Keuangan, khususnya tentang pengaturan hubungan keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Ini harus mendapat perhatian yang serius oleh Pemerintah Daerah TTU. Bila terjadi asumsi kebijakan keuangan anggaran yang tidak sesuai dengan perkembangan, terjadinya pergeseran anggaran antar perangkat daerah, antar kegiatan dan antar jenis belanja, maka dana SILPA yang hendak digunakan dalam tahun berjalan oleh perangkat daerah atau OPD harus sungguh-sungguh memperhatikan efisiensi dan efektifektivitas penggunaannya,” tegas Raider, sapaannya, mengingatkan.

Menurut dia, hal ini amat penting diperhatikan agar tidak terjadi pemborosan dalam memanfaatkan anggaran tersebut, terutama dalam melaksanakan program dan kegiatan yang telah ditetapkan dan harus sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Artinya manfaat dan penyelesaian pelaksanaan program dan kegiatan tepat waktu, tepat sasaran dan prioritas kebutuhan, bukan membuka pelaksanaan program dan kegiatan yang menimbulkan inefisiensi dan inefektivitas yang sulit dikendalikan,” tandas Raider. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *