Pemkab Manggarai Timur Dorong Penguatan Program Pamsimas

by -249 views

Pelatihan Penguatan Pemerintahan Kecamatan dan Desa Program Pamsimas III.

BORONG, mediantt.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terus mendorong peran pemerintah desa dan kecamatan dalam penguatan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas III).

Hal ini disampaikan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekda Manggarai Timur, Drs. Wihelmus Deo, M.Si saat membuka Pelatihan Penguatan Pemerintahan Kecamatan dan Desa Program Pamsimas III Tahun Anggaran 2017-2018.

“Ketersediaan air minum dan sarana sanitasi yang layak serta sehat merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang terus didorong dan diupayakan,” kata Wihelmus Deo Kamis (7/10/2021) malam di Hotel Embun Pagi Borong.

Mantan kadis Dinsos itu mengatakan, berbagai bentuk program ke tingkat desa terus digulirkan. Salah satunya program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas III ).

‚ÄúSemoga dengan adanya pelatihan penguatan seperti ini, program Pamsimas di Matim berjalan maksimal untuk mewujudkan tersediannya air minum dan sanitasi yang lebih layak dan sehat,” katanya.

Ia juga menjelaskan, hingga saat ini program Pamsimas di Kabupaten Manggarai Timur telah menjangkau 98 desa yang tersebar di 12 kecamatan.

“Hasil program Pamsimas telah dinikmati oleh 85.600 jiwa atau 19.998 kepala keluarga (KK) dengan jenis pelayanan menggunakan sambungan rumah 2.016 unit, kran umum 380 unit dan jenis pelayanan kran umum sebanyak 380 unit. Kita harapkan desa mampu meningkatkan pelayanannya menjadi sambungan rumah,” ujarnya.

Menurut dia, untuk mempercepat perwujudan 100 persen akses air minum dan sanitasi, perlu strategi agar pemerintah desa dapat berperan lebih optimal. Karena itu, dia berharap kepada semua peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. sehingga apa yang didapatkan bisa diterapkan di desa masing-masing.

“Agar target Universal Access 100-0-100 yang mencakup 100 persen akses aman air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak dapat tercapai,” katanya.

Pelatihan Penguatan Pemerintahan Kecamatan dan Desa Program Pamsimas III tahun anggaran 2017-2018 berlangsung 4 hari. Tujuannya; (1) Menyamakan pemahaman peserta terhadap Juknis kerja sama desa untuk Air Minum dan Sanitasi.(2), Membangun komitmen peserta agar bersedia melanjutkan program air minum dan sanitasi di desanya, salah satunya melalui kerja sama.

(3). Menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut Pemerintah Desa dan Kecamatan, dalam mewujudkan kerja sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi. (dodi hendra)

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments