Demokrat Kupang Bantu Modal Wirausaha Bagi Puluhan Penjual Sirih

by -276 views

Pengurus Demokrat Kabupaten Kupang foto bersama para penjual sirih.

KUPANG – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kupang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrat ke-20 dengan menghadirkan kader dan puluhan penjual sirih keliling di Halaman Rumah Demokrat, Kamis (9/9/2021).

Para kader tersebut hadir mengikuti secara virtual pidato Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sementara 31 anak muda penjual sirih-pinang keliling tersebut akan menerima bantuan modal usaha sebagai bagian dari Gerakan Demokrat Bina UMKM di bulan bhakti Partai Demokrat tahun 2021.

Dalam perayaan Dua Dekade Partai Demokrat ini, DPC Kabupaten Kupang sebelumnya pada Agustus berbagi kasih dengan 50 anak Panti Asuhan di Kecamatan Kupang Tengah, khusus kegiatan Bina UMKM kali ini, Ketua DPC Partai Demokrat, Winston Rondo mengatakan, DPC Kabupaten Kupang mempunyai target spesifik menyasar wirausaha orang-orang muda milenial.

Orang muda milenial tersebut, berasal dari Kecamatan Amarasi Selatan, mereka menggunakan motor pribadi membeli sirih dari Pasar Buraen dan Pasar Oesao lalu mengemas dalam bingkisan kecil untuk dijual dengan harga 5-10 ribu lalu dijajakan keliling ke kampung-kampung yang jauh.

Winston berharap, bantuan tersebut dapat menambah bahan baku sebagai modal usaha bagi penjual sirih keliling tersebut, ini juga menindaklanjuti informasi yang disampaikan Ketua PAC Amarasi Selatan. “Para penjual sirih ini sangat militan usahanya, mereka jalan jauh-jauh, sehingga dalam momentum HUT Demokrat kami terpanggil untuk membantu mereka,” kata Winston.

Mantan Ketua Komisi V DPRD NTT ini berharap agar penjual sirih keliling tersebut dapat menjadi komunitas binaan Demokrat. Partai Demokrat juga menitipkan komunitas tersebut kepada anggota DPRD Fraksi Demokrat agar menjadi prioritas utama sehingga bisa diperkuat dengan kebijakan pemerintah yang lebih berkelanjutan kedepannya.

Kornelis, salah satu penjual sirih dalam testimoninya mengatakan, dirinya melakukan usaha apa saja untuk bertahan hidup. Jika tidak ada musim sirih, maka ia menjual ikan, tempe, tahu dan lainnya untuk bertahan hidup. “Saya merasa bahwa dukungan Demokrat ini sangat bermanfaat untuk bertahan di tengah pandemi,” ujarnya.

Dalam acara HUT Partai ke-20, DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang juga menggelar doa bersama dan memotong kue ulang tahun, juga memberi apresiasi kepada senior dan sesepuh partai di Kabupaten Kupang.

Senior-senior tersebut masih tetap setiap dan memberi diri dan cintanya untuk partai Demokrat sekalipun sudah berlalu 20 tahun, tadi ada senior Urbanus Nahe mantan Ketua PAC Amfoang Barat Daya dan Benyamin Padji Mamo yang saat ini sebagai Wakil Ketua DPC.

Momentum dan refleksi 20 tahun perjalanan Partai Demokrat, menurut Ketua DPC, adalah mengajari kader muda untuk tidak melupakan sejarah karena apa yang dicapai oleh Partai Demokrat sejauh ini merupakan perjuangan dari para pendahulu.

Hadir dalam perayaan tersebut anggota DPRD Kabupaten Kupang, Sekretaris DPC Bertus Seran, Bendahara Partai, ketua ketua PAC dan kader partai Demokrat lainnya, kegiatan kali ini dalam momentum HUT ke-20 semata untuk kebangkitan Partai Demokrat. (*/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *