Walikota Ajak Kawula Muda Kota Kupang Terlibat Gerakan 1000 Startup Digital

by -295 views

Walikota Dr Jefri Riwu Kore

KOTA KUPANG – Kehadiran Gerakan Nasional 1000 Atartup Digital di Kota Kupang mendapat dukungan penuh
Walikota Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH. Hal itu disampaikan ketika menjadi keynote speaker dalam acara Roadshow 1000 Startup Digital Kota Kupang, yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting, Rabu (18/8).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual, Koordinator Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sonny Hendra Sudaryana, ST, M.MT, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta, S.STP, MM, dan para pemilik bisnis online serta pelaku startup digital di Kota Kupang.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah program inisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bertujuan memberikan peluang kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh penjuru nusantara. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir untuk mengembangkan talenta startup digital yang berkualitas, mendorong terciptanya solusi digital untuk persoalan lokal dan membangun ekosistem startup digital di Indonesia.

Program pembinaan yang terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia ini memiliki 6 tahapan, yaitu Ignition, Networking, Workshop, Hacksprint, Bootcamp dan Incubation. Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kota Kupang sendiri merupakan tahapan pra-ignition yang bertujuan mengenalkan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kepada masyarakat dan mengajak masyarakat mengambil peran sebagai The Next calon pendiri startup digital.

Dalam sambutannya, Walikota Kupang mengatakan, Pemerintah Kota Kupang mendukung penuh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan berharap semakin banyak masyarakat terutama kawula muda di Kota Kupang ikut terlibat langsung mendukung program Pemerintah Pusat melalui Kemenkominfo ini.

”Saya menyadari bahwa keterbatasan yang dimiliki oleh masyarakat Kota Kupang dalam situasi seperti ini. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh stakeholders Pemerintah Kota Kupang khususnya Dinas Kominfo untuk membantu masyarakat menggunakan jaringan internet secara baik. Beberapa lokasi internet sudah terpasang dengan baik di lokasi-lokasi strategis di Kota Kupang. Kami juga berharap ada satu ruang khusus dan disediakan fasilitas lengkap yang akan dipakai oleh pemuda-pemuda Kota Kupang sehingga mereka bisa berkreasi,” kata Jefri Riwu Kore.

Koordinator Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Sonny Hendra Sudaryana, ST, M.MT. mengatakan, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan langkah awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia yang nanti akan mengubah nasib bangsa. Gerakan ini ingin menciptakan 1000 perusahaan rintisan berbasis digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Dia juga mengingatkan pentingnya pemanfaatan internet dan transformasi digital untuk kehidupan bangsa yang lebih baik. “Kini membangun bangsa bisa di mana saja dan kesempatan untuk penghidupan yang lebih baik tidak hanya berputar di kota besar. Dengan internet kita merdeka dalam berkarya. Dengan kolaborasi kita ciptakan inovasi. Karena Indonesia maju, mulai dari kita, anak-anak muda,” imbuh dia.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kupang, Andre Otta, S.STP, MM, menambahkan, Dinas Kominfo sebagai salah satu divisi yang ditunjuk untuk mengawal ketat program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Kota Kupang, sehingga lebih banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam mewujudkan Indonesia Digital Nation.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan para narasumber antara lain tim Regional Officers (RO) Kupang, Peniel Sibero dan Jacobus Loloin dari Trinity Academia, Forum Genre NTT, Komunitas Developer Kupang dan Komunitas Mimpi Besar NTT. Juga mengundang Ray Rezky Ananda, Founder dan CEO Bantu Ternak sebagai pembicara, untuk menginspirasi para peserta yang hadir. (ainun/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *