VBL Berharap Desember Bisa Lepas Masker, Asalkan Semua Sudah Vaksin

by -480 views

Gubernur VBL ketika menerima vaksin tahap satu.

KUPANG, mediantt.com – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan vaksinasi tahap pertama pada Rabu (14/7), di Kantor Gubernur NTT. Gubernur menerima vaksin jenis Astrazeneca bersama para pejabat Eselon II lainnya. VBL pun berharap jika semua sudah vaksin, maka bulan Desember sudah bisa lepas masker.

Usai melakukan vaksinasi, Gubernur VBL menghimbau kepada Bupati dan Walikota se-NTT untuk mendorong masyarakat agar segera melakukan vaksinasi demi mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih banyak.

“Sebagai Gubernur saya sangat berterima kasih kepada masyarakat NTT yang punya kesadaran bersama untuk melakukan vaksinasi karena kita saat ini mengejar herd immunity, juga sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi untuk kita segera mengejar herd immunity kita semua,” kata Gubernur VBL.

Dia juga mengatakan, bagi masyarakat di seluruh NTT, vaksin memberikan manfaat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19. Juga mendorong terbentuknya herd immunity dengan syarat minimal 70 persen masyarakat NTT telah melakukan vaksin dan meminimalkan dampak ekonomi dan sosial. Artinya, jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik melawan virus covid-19, maka aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat bisa terlaksana kembali dengan normal.

“Kita harapkan seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota bersama TNI dan Polri bergerak membantu agar masyarakat kita dapat melakukan vaksinasi secara keseluruhan dan lancar,” ujar VBL.

Ia menambahkan, memang dalam proses pelaksanaan vaksinasi secara massal seperti di Kejaksaan Tinggi dan Poltekkes Kemenkes Kupang, pasti kerumunan tidak dapat dihindarkan karena masyarakat berbondong-bondong untuk antri. “Kita semua harus tetap tertib dan teratur melaksanakan vaksinasi sebagaimana target utama kita adalah semua anggota masyarakat harus tervaksin. Oleh sebab itu kami terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar vaksin-vaksin dapat dikirim terus sehingga kita semua dapat terlayani dengan baik,” jelas VBL.

Dia juga berharap, Desember seluruh rakyat sudah tidak lagi menggunakan masker, tentunya dengan memastikan kalau semua telah divaksin. “Kita lihat kemarin di Eropa semua penonton sepakbola bola menyaksikan pertandingan di stadion tanpa masker dan itu menunjukkan kalau herd immunity mereka sudah hampir mencapai 100% melalui vaksinasi,” jelas Gubernur VBL. (hms/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *