TTU Siaga! Angka Positif Covid-19 Sudah Tembus 57 Orang

by -167 views

Drs Kristoforus Ukat, MM

KEFAMENANU, mediantt.com – Angka covid-19 di Kabupaten TTU terus mengalami peningkatan drastis dari sebelumnya 6 kasus. Saat ini bergerak cepat setelah kematian 1 pasien covid-19 di RS Leona Kefa. Hingga Senin (5/7), jumlahnya mencapai 57 orang.

Juru bicara Satgas Covid-19 TTU, Drs. Kristoforus Ukat, MM Senin (5/7), menjelaskan, situasi yang terus mencekam akibat jumlah pasien covid-19 terus bertambah menjadi 57 orang yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Kadis Kominfotik TTU ini mengatakan, jumlah pasien positif covid  di TTU sampai posisi Senin (5 /7/2021) menjadi 57 orang setelah pada Sabtu (3/7/2021) ada penambahan dari Napan Bikomi Utara 11 orang.

“Pada Sabtu 3 Juli 2021 ada 5 orang dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan repid antigen di Puskesmas Napan yang kemudian langsung dievakuasi ke Rusunawa BTN km 9,” jelas dia.

Menurut dia, Satgas Covid TTU yang terdiri dari Dinkes, TNI dan Polri menuju ke Desa Napan Kecamatan Bikomi Utara untuk melakukan rapid antigen karena ketersediaan rapid di Puskesmas Napan terbatas. Dari hasil pengembangan terhadap 22 warga ada tambah lagi 6 orang positif Covid-19, yang kemudian ke-6 orang tersebut langsung dievakuasi petugas ke Rusunawa km 9 jurusan Kupang.

Dari data tersebut, posisi Kecamatan Bikomi Selatan 27 orang (Desa Maurisu dan Oelami), Bikomi Utara (Napan) 11 orang, yang lainnya di Kecamatan Kota Kefa dan kecamatan lainnya.

Disebutkan pula, penambahan dari data sebelumnya 41 orang kemudian bertambah dua pada Kamis – Jumat (30/6/2021) menjadi 43 orang. Pada Sabtu hingga Minggu (4/7/2021) bertambah 11 orang dari Desa Napan Bikomi Utara, 2 orang dari Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefa dan 1 orang dari Desa Oelami, Kecamatan Bikomi.

“Dengan demikianjumlah pasien covid-19 di TTU sampai Minggu 4 Juli 2021 sebanyak 57 orang,” katanya.

Karena itu, Kadis Kominfotik mengajak masyarakat TTU agar selalu menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari dan menekan penyebaran covid-19 di wilayah ini.
Selain itu, Ukat juga meminta masyarakat TTU  untuk waspada terhadap pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk melakukan penipuan ataupun pencurian dengan modus pura-pura menjadi petugas covid dengan datang untuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah.

Sebab, saat mereka masuk ke dalam rumah pemilik rumah disuruh keluar. Ketika itu pelaku langsung beraksi mengambil perhiasan dan barang berharga lainnya.

“Apabila ada orang seperti itu langsung lapor ke petugas Satgas Covid yang datang menggunakan mobil ambulance pemerintah daerah,” inbuh dia. (damba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *