Golkar Manggarai Desak Pemerintah Ambil Langkah Cepat Cegah Covid-19 Varian Delta

by -479 views

Ilustrasi

RUTENG, mediantt.com – Lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai, diduga adalah varian delta. Karena menjadi ancaman serius, Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Manggarai mendesak pemerintah segera mengambil langkah cepat dan tepat.

“Ya, terkait adanya lonjakan jumlah kasus positif covid-19 dan adanya ancaman penyebaran virus baru varian delta, Fraksi Golkar mendesak langkah cepat dan tepat Pemkab Manggarai untuk mencegahnya,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Manggarai, Yoakhim Jehati, S.Ag kepada mediantt.com, Kamis (1/7).

Dia mengaku mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemkab Manggarai selama ini, teristimewa keputusan dalam rapat bersama Forkompimda beberapa hari lalu di Ruteng. Karena itu, Fraksi Golkar mendorong Pemkab agar point-point yang disepakati dalam rapat, perlu dirumuskan dalam surat edaran bupati.

“Ini penting agar mengikat bagi semua elemen masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, semua hal harus dibuat dalam aturan baku untuk mengikat semua warga masyarakat, termasuk pembatasan kegiatan adat, pesta, ibadah di gereja/masjid atau tempat ibadah lainnya,” tegas Jehati, mengingatkan.

Dia juga berharap, para tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, tetap diberi amunisi dan nutrisi agar terhindar dari virus yang belum dipastikan kapan berakhir.

Jata dia, Presiden Jokowi telah mencanangkan bahwa pada bulan Juli ini mulai dilakukan vaksinasi 1 juta orang per hari. Dan 2 juta orang per hari pada bulan Agustus 2021.

“Karena itu, pemerintah daerah melalui dinas kesehatan, agar mengatur jadwal dengan baik, sehingga semua bisa terlayani dengan baik pula,” saran dia.

Untuk diketahui, Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Manggarai, Lodovikus Moa, dalam rilisnya di Ruteng, beberapa pekan lalu, jumlah kasus corona positif berada di angka 2.049 orang.

Data ini diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas medis, baik bagi pelaku perjalanan dan hasil pelacakan pasca adanya kasus positif Covid-19. “Data riil hingga Senin (31/5), ada 2.049 orang berstatus positif corona. Jumlah ini tentu tidak kecil. Ini beri tanda bahwa kita harus tetap waspada tinggi,” katanya.

Tingginya kasus positif di Manggarai, lanjut Lody Moa, kiranya menjadi perhatian serius setiap orang dengan taat dan disiplin menjalani protokol kesehatan. “Kalau mengalami sakit yang mencurigakan mesti segera memeriksakan diri guna memastikan sakitnya apakah karena Corona atau tidak. Ini penting untuk mengamankan diri sendiri atau orang dari virus corona,” katanya. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *