Hasil Euro 2020, Kesempurnaan Belanda Runtuh, Portugal Kena Kutukan

by -301 views

Pasukan Belanda yang runtuh mentalnya.

BUDAPEST – Hasil laga babak 16 besar Euro 2020 membuat Belanda dan Portugal harus menelan pil pahit. Belanda dan Portugal sama-sama menelan kekalahan pada pertandingan 16 besar Euro 2020 sehingga harus angkat koper dan mengakhiri perjuangan di turnamen empat tahunan itu.

Perjuangan Belanda berakhir setelah takluk 0-2 dari Republik Ceko di Stadion Puskas Arena, Budapest, pada Minggu (27/6/2021) malam WIB.

Sepasang gol yang membenamkan Belanda dicetak oleh Tomas Holes (68′) dan Patrik Schick (80′).

Hasil ini terbilang mengejutkan karena Belanda sejatinya lebih diunggulkan ketimbang Republik Ceko. Belanda lolos ke 16 besar Euro 2020 setelah menjadi penguasa Grup C. Mereka tampil sempurna dengan koleksi sembilan poin dari tiga laga.

Namun, kesempurnaan Belanda selama tampil di fase grup runtuh ketika bersua Republik Ceko yang lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Bahkan, Belanda justru tampil di bawah performa. Mereka tak mampu melancarkan satu pun shot on target ke arah gawang Republik Ceko.

Opta Johan mencatat, ini adalah kali pertama Belanda gagal melancarkan shot on target dalam satu pertandingan kompetitif sejak Piala Eropa dan Piala Dunia mulai dianalisis (1980).

Catatan ini tentu berbanding terbalik dengan penampilan Belanda selama di fase grup. Selain meraih hasil sempurna, Belanda juga menjadi tim tersebur di fase grup dengan koleksi delapan gol.

Setelah Belanda, Portugal selaku juara bertahan juga harus menelan pil pahit akibat kekalahan 0-1 dari Belgia di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Senin (28/6/2021) dini hari WIB.

Kendati memiliki banyak peluang, Portugal tak mampu membalas gol semata wayang Belgia yang tercipta lewat sepakan jarak jauh Thorgan Hazard pada menit ke-42.

Portugal seolah terkena kutukan juara bertahan yang sebelumnya juga dirasakan oleh Spanyol pada Euro 2016. Pada Euro 2016, Spanyol selaku juara edisi 2012 juga tersingkir di 16 besar setelah takluk 0-2 dari Italia.

Hasil laga babak 16 besar Euro 2020 pada Minggu (27/6/2021) malam dan Senin (28/6/2021) dini hari WIB menambah daftar tim yang lolos ke perempat final Piala Eropa.

Saat ini, sudah ada empat tim yang memastikan tempat di perempat final Euro 2020, yakni Denmark, Italia, Republik Ceko, dan Belgia.

Di babak perempat final Euro 2020, mereka akan saling berhadapan, Denmark bersua Republik Ceko, sedangkan Italia melawan Belgia. (kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *