Watu Rambung Cibal Masuk Daftar DTW Atas Usulan Fraksi Golkar

by -357 views

Lokasi wisata Watu Rambung Cibal

RUTENG, mediantt.com – Usulan Fraksi Partai Golkar DPRD Manggarai agar Watu Rambung Cibal menjadi salah satu daya tarik wisata (DTW), akhirnya diterima pemerintah. Karena memiliki keunikan, keindahan dan nilai berupa keanekaragaman kekayaan alam.

“Benar sekali bahwa potensi ini (Watu Rambung Cibal) memang dimunculkan oleh Fraksi Golkar dalam pemandangan umum fraksi terhadap 4 Ranperda beberapa waktu lalu,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Manggarai, Yoakhim Jehati, S.Ag, kepada mediantt.com, Selasa (22/6).

Dia menjelaskan, dalam daftar daerah tujuan wisata yang disampaikan pemerintah kepada dewan, tidak ada nama Wae Rambung Cibal. Karena itu, Fraksi Golkar dalam pemandangan umum memunculkan nama itu, lalu akhirnya diterima oleh pemerintah menjadi salah satu daya tarik wisata alam di Manggarai.

“Dalam daftar yang disampaikan pemerintah tidak menyebutkan Watu Rambung sebagai salah satu objek wisata alam, maka fraksi Golkar munculkan itu dan mendapat respons baik dari pemerintah,” tegas Jehati yang juga Ketua DPD 2 Partai Golkar Manggarai ini.

Untuk diketahui, Pemkab Manggarai akan menjadikan Watu Rambung Cibal masuk dalam daftar daya tarik wisata (DTW).

Dikutip dari laman matanews.net,
Wakil Bupati Manggarai-Herybertus Ngabut menjelaskan, Watu Rambung Cibal akan dimasukan dalam daftar daerah tujuan wisata baru. “Watu Rambung Cibal akan kami masukan ke dalam daftar daerah tujuan wisata baru ke depan,” ujar Hery Ngabut saat rapat Paripurna di DPRD Manggarai pada Rabu, 2 Juni 2021 di Ruteng.

Hal ini berawal dari saran dan usulan Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Manggarai.

Hery Ngabut menyebutkan, DTW tersebut akan ditata lebih baik. Karena ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Manggarai yang dirumuskan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah) tahun 2021-2026.

Dalam RPJMD itu disebutkan pariwisata merupakan salah satu prioritas daerah. Karena itu, Pemkab Manggarai berharap fraksi bekerja sama dalam mengembanglan dan mendukung Watu Rambung Cibal sebagai daerah tujuan wisata.

Pesona Watu Rambung

Pesona wisata itu terletak di desa Beamese, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Watu Rambung tersebut berdiri perkasa menantang langit di tepi deretan bukit bertebing.

Di bagian bawah Watu Rambung tersebut terdapat gua. Berdasarkan cerita, di gua tersebut ada penjaga khusus yang akan membunyikan tongkat besinya setiap kali ada pengunjung. Selain itu, di sekitar gua tersebut juga terdapat banyak monyet yang selalu menari pada pagi dan sore hari.

Selain Watu Rambung, Pangka dari Cibal Barat dan DTW buatan manusia yakni Gua Maria Golo Cuwing Cibal juga masuk dalam daftar DTW Kabupaten Manggarai. Untuk mengembangkan potensi pariwisata tersebut, Pemkab Manggarai berharap semua pihak bekerja sama. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments