Disbudpar TTU dan Dekranasda Gelar Festival Band dan Fashion Show

by -193 views

Wakil Bupati TTU Eusabius saat membuka 
Festival Band dan Fashion Show

KEFAMENANU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten TTU bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggelar Festival Band Remaja TTU, Festival Tenun dan Fashion Show Putra Putri TTU.

Festival yang berlangsung dari tanggal 22-25 Juni 2021 di Aula La’at Manekat Noemeto dan Halaman Rumah Jabatan Bupati itu, resmi dibuka oleh Wakil Bupati, Drs. Eusabius Binsasi, Selasa (22/6).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Eusabius mengatakan, pengembangan sektor pariwisata masih merupakan salah satu agenda pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Daerah dalam RPJMD tahun 2021-2026. Melalui program tersebut, pemerintah berupaya untuk terus membangun dan menata serta mempromosikan berbagai obyek wisata yang ada di Timor Tengah Utara, baik yang baru maupun yang sudah ada, agar mampu menarik minat sebanyak mungkin orang untuk berkunjung.

“Dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan baik lokal maupun dari luar TTU, tentu akan meningkatkan peredaran uang di sekitar obyek wisata dan pada gilirannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat TTU,” kara Wabup Eusabius.

Agar program pengembangan sektor kebudayaan dan pariwisata TTU berhasil, Wakil Bupati Eusabius mendorong dan meminta semua pihak terutama perangkat daerah agar mampu berkoordinasi, bersinergi dan berkolaborasi secara baik. “Tidak boleh ada ego sektor dan ego bidang,” tandas mantan Dirjen Bimas Katolik tersebut.

Terkait seni dan musik, Wakil Bupati Eus menyatakan, Kabupaten TTU sesungguhnya kaya akan potensi musik dan seni. Hal tersebut terlihat dalam acara-acara dimana anak-anak muda dengan kreatif membentuk grup dan menyanyikan lagu-lagu yang diarransemen sendiri.

Demikian juga halnya dengan Kain Tenun TTU yang kaya akan motif dan corak, yang mengandung nilai-nilai filosofis, historis, estetis dan ekonomis yang sangat tinggi. Untuk itu, selain perlu dilestarikan atau diwariskan kepada generasi muda, juga terus dipromosikan agar dikenal dan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi rumah tangga para penenun.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata TTU, Robertus Nahas, S.Sos dalam laporannya menyebutkan sepuluh tujuan digelarnya kegiatan festival band remaja TTU, festival Tenun TTU dan Fashion Show Putra Putri TTU, diantaranya, meningkatkan kemampuan para remaja TTU dalam mengekspresikan musik, membina persatuan para generasi muda, menanamkan rasa cinta dan bangga akan hasil tenun ikat Beti dan Tais khas TTU. Juga mendorong masyarakat TTU umumnya dan generasi muda khususnya untuk mau mempelajari budaya tenun sekaligus mendorong kebiasaan memakai tenun ikat khas TTU di berbagai kesempatan. (damba)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments