FPG DPRD Manggarai Belum Bersikap Soal Pinjaman Daerah Rp 150 Miliar

by -480 views

Yoakhim Jehati, S.Ag

RUTENG, mediantt.com – Pinjaman daerah sepertinya sedang menjadi trend di NTT. Di saat pinjaman Pemprov NTT senilai Rp 1,5 triliun belum final, sejumlah kabupaten juga mau melakukan pinjaman. Salah satunya, Kabupaten Manggarai yang sudah mengajukan pinjaman Rp 150 miliar. Namun Fraksi Partai Golkar DPRD Manggarai belum menyatakan sikap politik.

Kepada mediantt.com, Selasa (8/6), Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Manggarai, Yoakhim Jehati, S.Ag, menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Manggarai sudah mengajukan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 150 miliar, dengan jangka waktu pengembalian 8 tahun.

“Fraksi Golkar DPRD Manggarai belum menyatakan sikap menerima/menolak karena harus didalami lagi saat pembahasan, sehingga nanti akan muncul sikap politik pada pendapat akhir fraksi. Saat ini kami sedang bahas Ranperda RPJMD sebagai rumah dari kebijakan dimkasud,” tegas Jejati

Menurut dia, dalam pemandangan umum Fraksi yang lalu, Golkar akan menyerahkan sepenuhnya mekanisme itu pada pembahasan di tingkat komisi dan badan legislasi daerah (Balegda). “Saat ini masih berlangsung di komisi,” ujar Ketua DPD II Partai Golkar Manggarai ini.

Dia juga menegaskan, dalam menentukan sikap politik pun Fraksi Golkar akan menghitung dan mempertimbangkan dengan cermat segala aspek agar pengembalian pinjaman itu tidak membebankan daerah dan mengorbankan program yang lain.

“Tentu kami juga akan berkonsultasi dan memperhatikan kebijakan DPD I Partai Golkar NTT terkait kebijakan pinjaman daerah dimaksud,” tegas Jehati. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *