Komisi IX Sudah Ingatkan Hati-hati Gunakan Vaksin Astrazeneca, Melki: Sebaiknya Hold Dulu!

by -236 views

Emanuel Melkiades Laka Lena

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena menyatakan pihaknya sudah mengingatkan agar hati-hati terkait penggunaan vaksin Astrazeneca. Hal ini menyangkut adanya seorang pria di Jakarta yang meninggal dunia usai memakai vaksin tersebut.

Pria yang akrab disapa Melki tersebut menyatakan Komisi IX sejak awal sudah memberikan catatan kepada Kementerian Kesehatan (Kemkes), Badan POM, dan Komnas KIPI. Sebab, Komisi XI mencermati berbagai kejadian di berbagai negara-negara Eropa.

“Kami sudah memberikan catatan kepada Badan POM, Kemkes, dan Komnas KIPI itu untuk betul-betul sangat berhati-hati dalam memastikan penggunaan Astrazeneca di Tanah Air karena melihat perkembangan di berbagai belahan dunia yang lain,” kata Melki, Senin (10/5/2021), seperti dilansir beritasatu.com.

Dengan kejadian meninggalnya seorang pria yang menggunakan Astrazeneca, Melki mengatakan hal itu harus menjadi perhatian yang sungguh-sungguh serius dari pihak pemerintah. Pengawasan juga diperketat agar betul-betul sesuai dengan data di lapangan.

Melki juga mendesak agar pemerintah segera mencari tahu penyebab meninggalnya seorang pria pengguna vaksin Astrazeneca tersebut. Akuntabilitas diutamakan dengan menyampaikan hasilnya kepada publik.

“Sekaligus juga memastikan bahwa apa yang harus kita lakukan dengan vaksinasi menggunakan Astrazeneca. Kalau memang barangnya ini masih bermasalah, sebaiknya di-hold dulu. Jangan sampai lagi muncul korban-korban berikutnya yang tidak perlu, yang bisa membuat masyarakat kita jadi korban karena Astrazeneca,” demikian politikus Partai Golkar tersebut. (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments