NTT Jadi Tuan Rumah HKAN 2021, Timbul: Kita Padukan Budaya dan Alam

by -335 views

Timbul Batubara

KUPANG, mediantt.com – Untuk kesekian kalinya NTT dipercayakan menjadi tuan rumah even berskala nasional. Kali ini NTT menjadi tuan rumah Hari Konservasi Alam (HKAN) 2021. Dalam hajatan ini, NTT bakal memadukan budaya dan alam sebagai harmoni yang menjadi kekuatan utama.

“Budaya kita (NTT) masih kuat dan menyatu dengan alam, sehingga bapak Dirjen KSDAE bilang kalau mau belajar konservasi itu, silahkan belajar dari NTT, karena alam dan budayanya harmonis. Tidak ada budaya yang lahir tanpa didukung oleh alam. Tidak ada alam yang lahir dan bertahan tanpa budaya. Kalau budayanya porak-poranda, alamnya pasti porak-poranda. Inilah yang jadi point penting kita jadi tuan rumah HKAN tahun 2021,” jelas Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) NTT, Ir. Timbul Batubara, M.Si, kepada wartawan di Kantor BBKSDA NTT, Kamis (6/5).

Menurut Timbul, target utama adalah promosi keindahan kekayaan alam dan nilai budaya NTT. Juga, even ini bisa menggerakan perekonomian masyarakat NTT melalui festival atau pameran produk ekonomi kreatif masyarakat.

“Melalui HKAN ini, kita ingin tunjukan bahwa NTT dan alamnya ini luar biasa.
Dan kita berharap ada perputaran ekonomi,” kata Timbul, yang mengaku sudah mendapat persetujuan dari Gubernur NTT. “Bapa Gubernur sangat mendukung HKAN ini karena bisa menggerakan ekonomi NTT terutama dari aspek pariwisata, mulai dari penginapan (hotel), kuliner dan UMKM yang berkaitan dengan tenun ikat dan kain adat,” katanya.

Dia juga menjelaskan, momentum ini harus digunakan secara maksimal untuk mempromosikan pariwisata dan pangan lokal seperti teh kelor, kopi Flores, dll. “Kita gunakan momentum ini untuk mempromosikan bahan lokal yang ada di NTT. Jadi para tamu yang datang bisa belanja di NTT,” ujarnya, dan menambahkqn, BBKSDA NTT juga menampilkan vidio dan data bahwa NTT itu indah dan satwanya pun luar biasa.

Ditanya soal agenda HKAN 2021, Timbul mengatakan, ada dua kegiatan besar yakni perayaan puncak HKAN pada 8 Agustus, festival dan Jambore Konservasi yang diikuti peserta dari Balai Konservasi seluruh Indonesia.

“Pada puncak perayaan HKAN 2021, kita berharap dihadiri bapa Presiden Joko Widodo,” katanya. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments