Demokrat Kupang Bagi Bantuan AHY Untuk Korban Bencana di Tiga Titik

by -188 views

OELAMASI – Menindaklanjuti bantuan kemanusiaan yang diserahkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pekan lalu, DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang menyalurkan paket bantuan itu ke tiga titik kunci bencana yaitu ke Desa Nunuana, Amfoang Timur, Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur dan Kecamatan Amabi Oefeto Timur. Kamis (6/5/2021).

Sebanyak 35 paket difokuskan bagi warga Nunuana, Amfoang Timur yang terkena dampak banjir hingga menghancurkan hasil panen mereka. Bantuan untuk Desa Nunuana dibagikan langsung Ketua PAC Partai Demokrat Kecamatan Amfoang Timur, Yesaya Bani, sejak Rabu (5/5).

Kamis (6/5), DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, yang dipimpin Ketua DPC Partai Demokrat, Winston Neil Rondo, melanjutkan distribusi bantuan kemanusiaan AHY ke tiga lokasi, yakni di Kelurahan Oesao 32 paket kepada para petani sayur yang menanam sayur di seputaran Kali Oesao. “Mereka memang tidak terkena dampak rumah hancur tetapi peralatan pertanian dan hasil pertanian rusak semuanya,” kata Winston.

Dari Oesao, rombongan DPC Partai Demokrat yang dipimpin Ketua DPC dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kupang Bertus Seran dan Wakil Ketua DPC Benyamin Padji Mamo, Bendahara DPC Febby Sinlaeloe, dan anggota Fraksi DPRD Kab Kupang, Nimbrot Jhoni Leka, melanjutkan pembagian paket bantuan tersebut ke Kecamatan Amabi Oefeto Timur, di Desa Enolanan, Dusun Oebibi. Masyakarat di dusun tersebut ada sekitar 55 KK.

Di daerah tersebut, lahan pertanian baik sawah maupun kebun untuk memanfaatkan air dari Sungai Noelmina ini dilanda banjir bandang. Nasib malang ini terjadi pada Minggu (4/4), hujan yang begitu luar biasa yang menyebabkan air dari kali Noelmina naik hingga 2-3 meter sehingga menghancurkan seluruh lahan pertanian warga termasuk padi siap panen, kacang, jagung bahkan ternak sapi, babi, kambing milik warga dibawa banjir.

Kejadian ini membuat warga setempat putus asa karena sebagian hasil pertanian hilang. “Mereka tidak dilanda angin Seroja, tetapi lebih khusus dilanda banjir bandang, seluruh kebun mereka dipenuhi pasir dan batu, sehingga tidak layak lagi ditanami,” kisah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang.

Kehadiran Partai Demokrat di lokasi tersebut adalah membantu 55 keluarga, dan membagikan 15 paket lainnya di Desa Muke yang terdampak angin siklon tropis Seroja. Total paket yang dibagikan pada Kamis 6 Mei sebanyak 102 paket. Dengan rincian 70 paket di Kecamatan Amabi Oefeto Timur, 32 di Kupang Timur, khususnya di Kelurahan Oesao dan 35 paket di Desa Nunuana, Kecamatan Amfoang Timur, sehingga total paket yang sudah didistribusi dalam dua hari terakhir sebanyak 137 paket.

Menurut Winston, masih ada 150 paket yang rencananya akan distribusikan di Desa Pariti dan Oeteta Kecamatan Sulamu lalu di Tanini Kecamatan Takari dan Desa Bitobe Kecamatan Amfoang Tengah. Isi paket yang dibagikan yakni beras, super mi, telur, gula pasir, vitamin c dan masker.

Salah satu tokoh masyarakat yang merasakan bantuan Partai Demokrat di Kelurahan Oesao mengatakan, dalam penggalangan bantuan ini mereka sering dilupakan karena yang dibantu yang rumahnya rusak, tapi pemerintah lupa warga yang kehilangan mata pencaharian karena kerusakan lahan pertanian dan alat-alat pertanian.

“Kami tidak didaftar juga di posko. Kami bersyukur sekali bisa mendapatkan sentuhan demokrat,” ujarnya.

Winston Rondo mengaku senang bisa memberikan sentuhan kecil bagi yang terlupakan. “Karena yang prioritas dalam konteks tanggap darurat bencana itu adalah kehilangan jiwa dan aset utama seperti rumah, tetapi banyak orang lain juga dilupakan seperti yang kehilangan mata pencahariannya,” katanya.

Hal seperti ini, menurut mantan Ketua Komisi V DPRD NTT ini, akan dilakukan lagi pekan depan untuk menuntaskan penyaluran paket sembako tersebut di Kabupaten Kupang ada 280 paket dari Ketua Umum AHY. (*/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *