Pemkab Malaka Diminta Benahi Tanggul Benanai untuk Antisipasi ‘Udan Lor’

by -777 views

Raymundus Seran Klau

BETUN, mediantt.com – Mengantisipasi hujan yang biasa turun sebelum musim kemarau atau “Udan Lor” pada bulan Mei, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Malaka, Raymundus Seran Klau, minta pemerintah fokus membenahi tanggul penahan tebing dan jalan alternatif pasca banjir bandang benenain awal April lalu.

“Pasca banjir kemarin sudah banyak titik tanggul yang rusak. Kalau tidak segera diperbaiki, maka pada saat udan lor akan banjir lagi. Kita minta supaya pemerintah segera benahi tanggul yang rusak, terutama di titik-titik yang berpotensi menjadi tempat meluapnya air,” kata Seran Klau.

Ia menjelaskan, pembenahan tanggul tersebut dianggap penting karena untuk mengantisipasi ‘udan lor’, yakni hujan yang biasa turun sebelum musim kemarau dengan intensitas cukup tinggi. “Untuk wilayah Malaka, ‘udan lor’ biasa turun di awal bulan Mei hingga Juni,” katanya.

Sekretaris Fraksi PG ini mengingatkan, bencana banjir bandang terdasyat yang menyebabkan banyak kerusakan pada tahun 2000 silam justru terjadi di bulan Mei saat udan lor.

Selain itu, Anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malaka II tersebut mengapresiasi langkah yang sudah diambil pemerintah untuk membuka jalur alternatif untuk menyeberangi Sungai Benenai.

“Jembatan yang ambruk dan tidak bisa dilewati dengan kendaraan roda 4 memang membuat aktivitas masyarakat nyaris lumpuh. Maka langkah yang sudah diambil untuk membuka jalan alternatif sudah tepat,” kata Raymundus. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments