Ajaib! Bekas Arena Grasstrack di Batuplat Berubah Jadi Danau

by -316 views

Danau Tuaknatun di Batuplat, Kota Kupang

BATUPLAT – Pascabadai Seroja yang menerjang Kota Kupang dua pekan lalu, membuat sejumlah sumber air tiba-tiba muncul bahkan meluap hingga membentuk danau.

Selain terbentuknya danau Tankolo di Kelurahan Sikumana, ada juga danau Tuaknatun di Kelurahan Batuplat, Kecamatan Alak yang mulai ramai dikunjungi warga untuk berfoto ria.

Dikutip dari laman merdeka.com, Lokasi ini awalnya merupakan arena grasstrack. Terjangan badai Seroja dua pekan lalu, membuat empat dari tujuh sumur di sekitar Tuaknatun meluap, lalu merendam arena tersebut menjadi sebuah danau indah.

Ketua RT 17, Kelurahan Batuplat, Mariana Benny menjelaskan, mereka tidak menduga bahwa meluapnya air dari sejumlah sumur di wilayah itu akan menggenangi lokasi grasstrack.

“Hujan besar membuat volume air meningkat. Kami semua disini tidak menduga akan seperti ini, karena setiap kali musim penghujan tiba, sumur-sumur ini tidak pernah meluap,” jelas dia kepada wartawan, Rabu (21/4).

Menurut Mariana, dirinya sudah 23 tahun menetap di lokasi tersebut. Namun baru tahun ini sumur-sumur itu meluap lalu mengalir ke arena grasstrack dan menjadi danau.

“Sebelumnya sumur-sumur ini tidak meluap hebat seperti ini, saya sudah 23 tahun tinggal disini tetapi keajaiban seperti ini sesungguhnya baru terjadi, setelah badai Seroja kemarin,” Kata Mariana.

Walau tidak yakin sumber air tersebut bisa bertahan lama, namun ketua RT setempat dan pemilik lahan berencana menata danau itu menjadi indah, sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto terbaru di Kota Kupang.

Banyak warga berbondong-bondong mendatangi danau ini. Ada yang mandi ada juga yang datang hanya untuk sekedar berswafoto dengan latar belakang danau. Gundukan bekas arena grasstrack serta pohon lontar menambah apik panorama di danau baru tersebut. (mdk/ray/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *