Demokrat Kupang Bagi Bantuan untuk Korban Seroja di Amarasi Barat

by -202 views

AMARASI – Sejak Bencana Siklon Tropis Seroja meluluhlantahkan seluruh wilayah di Kabupaten Kupang beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPD Partai Demokrat NTT Jefri Riwu Kore (Jeriko) telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh pengurus DPC dan semua kader untuk terlibat aktif dalam Gerakan Peduli dan Berbagi membantu masyarakat di setiap daerah.

Gerakan tersebut langsung direspon oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kupang. Setelah membagikan paket sembako ke tiga desa di Kecamatan Takari, (12/4/2021), DPC Partai Demokrat yang dipimpin Winston Neil Rondo ini kembali menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana siklon tropis seroja di Kecamatan Amarasi Barat, Selasa (13/4/2021).

Winston mengatakan, Kecamatan Amarasi Barat merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Kupang yang cukup parah dilanda badai seroja, karena wilayah tersebut cukup jauh sehingga terlupakan dari intervensi bantuan pemerintah dan bantuan kemanusiaan dari donatur lainnya. Karena itu DPC Partai Demokrat dan anggota Fraksi Partai Demokrat Nimbrot Jhoni Leka membagikan bantuan 60 paket sembako di Kecamatan Amarasi Barat. Dua desa yg disambangi Partai Demokrat yakni Desa Niukbaun dan Desa Merbaun.

Mantan Ketua Pemuda Sinode GMIT ini menjelaskan, di Desa Merbaun ada satu dusun yang mengalami kerusakan cukup parah, yakni di Dusun VIII wilayah Buatam; 30 rumah masyarakat tertimpa tiga musibah sekaligus, karena di dusun ini terjadi banjir bandang setinggi dua meter, angin kencang badai seroja dan air pasang (rob) karena dekat laut dan bersebelahan dengan muara.

“Jagung dan kacang siap panen masyarakat habis, barang-barang terbawah air ke laut, ternak bahkan rumah juga hanyut, ada yang rusak parah sehingga kalut betul daerah ini,” kata Winston.

Menurutnya, DPC Partai Demokrat mengagendakan kunjungan ke 4 Desa di Wilayah Amarasi Barat, selain Desa Merbaun, Niukbaun, dia dan pengurus Demokrat juga berencana ke Desa Tunbaun dan Toobaun, dua desa tersebut mengalami longsor dan menghancurkan rumah warga, daerah pertanian dan ternak. Namun Partai Demokrat mengalami kesulitan saat mengakses dua desa tersebut karena terjadinya longsor hingga kendaraan tidak bisa lewat. “Kami menunggu akses jalan diperbaiki ke sana, sehingga kami bisa berkunjung dan melihatnya secara langsung,” urai Winston.

Saat DPC Partai Demokrat menemui tokoh masyarakat di Dusun VIII, Kampung Buatam, masyarakat mengeluh situasi sulit yang mereka alami selama seminggu ini. “Di lokasi ini sangat sulit, listrik padam, juga tidak ada jaringan telephone,” kata Winston lagi.

Yakob Bureni salah satu tokoh masyarakat di Desa Merbaun, Dusun VIII, Kampung Buatam mengeluh bahwa saat kejadian hari Minggu (4/4/2021) pukul 16:00 wita, saat banjir bandang melanda dan menyapu habis seluruh rumah dan hasil pertanian dan peternakan milik warga, dia dan masyarakat lain mengungsi ke Gereja Ebenheazer Buatam, namun hingga saat ini tidak ada bantuan dari pihak manapun. Hanya ada bantuan inisiatif dari gereja setempat, bahkan hingga saat ini belum ada pendataan dari aparat desa, kecamatan maupun dari kabupaten. ”Kami titip ke Partai Demokrat untuk bantu suarakan supaya 30 KK ini bisa mendapat dukungan untuk membangun rumah, kami butuh direlokasi. Aliran sungai Erbaun yang melalui daerah ini kejadiannya setiap tahun, namun kali ini yang badainya paling besar, tempat tinggal kami sangat tidak layak lagi untuk ditinggali,” keluh Bureni.

Menanggapi keluhan ini, DPC Partai Demokrat menyatakan komitmennya untuk membantu menyuarakan hal ini melalui Fraksi Partai Demokrat. DPC Partai Demokrat menyatakan niat untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait dengan harapan agar masyarakat bisa diprioritaskan dalam kebijakan-kebijakan pemerintah untuk mendapatkan dukungan lanjutan.

Aksi di Amarasi Barat tersebut dipimpin langsung Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo, Bendahara Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kupang, Nimbrot Jhoni Leka, pengurus DPC dan Ketua PAC Amarasi Barat soleman Tenis

Di daerah penghasil ternak ini, Partai Demokrat membagikan paket sembako, berupa beras, mie, telur dan beberapa bahan makanan lainnya, Partai Demokrat juga membagikan masker, multi vitamin, “bukan hanya makan dan minum, mereka sangat butuh rumah layak huni, hasil panen mereka habis sehingga mereka sangat kuatir di masa mendatang akan sangat kesulitan untuk mendapat akses pangan, kami akan terus mendorong hal ini agar pihak pemerintah terutama pemegang amanat bisa sesegera mungkin melihat dan membantu daerah ini,” tutur mantan Ketua Cabang GMKI Kupang ini. (*/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *