Saatnya Normalisasi Sungai di Seluruh Wilayah TTU Pasca Badai Seroja

by -255 views

KEFAMENANU, mediantt.com – Dahsyatnya badai siklon Seroja yang melanda wilayah NTT termasuk Timor Tengah Utara, mengakibatkan sejumlah sungai kecil dan besar meluap ke pemukiman penduduk. Karena itu, sudah saatnya dilakukan normalisasi sungai-sungai tersebut.

“Ya, pasca banjir bandang akibat badai siklon Seroja perlu dilakukan normalisasi sungai di seluruh wilayah TTU,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD TTU, Agustinus Tulasi kepada mediantt.com, Jumat (9/4).

Anggota DPRD TTU dua periode ini mengatakan, normalisasi sungai ini urgen dilakukan mengingat fenomena banjir kemarin akibat cuaca ekstrim atau badai seroja, yang melanda seluruh wilayah NTT NTT termasuk TTU.

Untuk itu, sebut dia, Fraksi Golkar DPRD TTU memberi dorongan kepada pemerintah kabupaten TTU terutama mitra komisi yang terkait langsung dengan pencegahan dan penanggulangan bencana agar memprioritaskan aspek pencegahan melalui normalisasi sungai besar dan kecil, yang telah dan berpotensi membawa bencana bagi warga yang bermukim di sekitar daerah aliran sungai (DAS).

“Mungki melalui gerakan bambunisasi atau pohonisasi sepanjang bantaran kali/sungai seperti Kali Tauf, kali Benpasi, kali Bansone di Kota Kefa, kali Manamas, kali Maubesi di Insana, kali Mena dan kali Ponu, juga kali Lurasik di Biboki,” tegas politisi yang mantan pengacara ini. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments