Tragis! Korban Banjir Bandang di Ile Ape, Seorang Nenek Ditemukan di Pantai

by -2,565 views

Personil TNI dan warga menggotong seorang warga yang jadi korban banjir di wilayah Ile Ape, Lembata, Minggu (4/4)

LEWOLEBA – Lorensius Latu (65), warga Desa Amakaka tak kuasa menahan tangis melihat jenazah ibunya, Maria Bengang Geruoda (80) ditemukan di pantai desa Tanjung Batu, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Minggu (4/3/2021) pagi.

Menurut Latu, seperti dilansir poskupang.com, ibunya sejak malam berada di rumahnya di desa Tanjung Batu. Banjir bandang yang berasal dari arah Gunung Ile Lewotolok menyeret dan menghanyutkan sejumlah rumah di wilayah Desa Waowala, Tanjung Batu, Amakaka dan Lamawara.

Maria Bengang Geruoda adalah salah satu korban meninggal dunia yang ditemukan pada pagi hari di tepi pantai. “Mama ditemukan sudah meninggal,” kata Lorensius pasrah.

Sementara itu, Tadeus Dosi, warga desa Tanjung Batu, berujar air bah dari arah Gunung Ile Lewotolok menerjang pemukiman warga sekitar jam 3 dini hari.

“Kita dalam rumah, saya tidak lihat air lumpur. Pagi sudah lihat begini,” katanya.

Dia berujar warga masih mencari korban yang hilang. Sementara empat warga desa Tanjung Batu juga sudah ditemukan meninggal akibat tersapu banjir. Satu orang warga Waowala juga ditemukan meninggal dunia di desa Tanjung Batu.

Pantauan Pos Kupang di lokasi, banjir yang berasal dari gunung Ile Lewotolok membawa batu-batu besar, gelondongan kayu, dan lumpur tebal. Proses evakuasi korban luka-luka dan warga yang selamat masih dilakukan secara manual.

Pasalnya, batu-batu besar, gelondongan kayu dan lumpur yang berasal dari gunung membuat akses jalan di wilayah tersebut putus total. Beberapa jalan yang putus berada di wilayah desa Waowala, Tanjung Batu, Amakaka dan Lamawara. Kendaraan dari Lewoleba hanya bisa sampai di desa Waowala.

Sampai saat ini, korban meninggal masih dalam proses pendataan. Personil TNI, Polres Lembata, Pos Angkatan Laut, BPBD Kabupaten Lembata dan warga bergotong royong mengevakuasi korban dan warga yang selamat.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Kapolres Lembata AKBP Yoce Marthen, Ketua DPRD Lembata Petrus Gero dan Sekda Lembata Paskalis Tapobali tampak turun langsung ke lokasi bencana. (*/jdz)

4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments