Pemerintah Didesak Tetapkan Status Bencana Malaka, Selamatkan Dulu Manusia!

by -555 views

Jembatan Benanain yang putus.

BETUN, mediantt.com – Hujan dengan intensitas tinggi sejak tiga hari terakhir membuat sejumlah lokasi di Malaka terendam banjir. Ada rumah-rumah warga nyaris tenggelam. Bahkan jembatan Benenain pun dilaporkan putus pada Minggu Paskah (4/4).

Dikutip dari sakunar.com, jembatan Benenain di Desa Haitimuk, Kecamaran Weliman, Kabupaten Malaka, ambruk dan putus, sehingga tidak bisa lagi dilalui. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu Paskah, 04 April 2021.

Putusnya jembatan itu ditengarai akibat bertambahnya debit air kiriman dari wilayah pegunungan.

Sebelumnya, pada Jumat Agung 2 April 2021, jembatan mengalami kemiringan cukup besar. Akhirnya pada hari Minggu pagi ini ambruk, sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Pantauan media ini, kerusakan jembatan terjadi pada bagian yang sebelumnya mengalami kemiringan tersebut.

Menanggapi bencana tersebut, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Malaka, Petrus Nahak, ketika dihubungi membenarkan bahwa banyak rumah warga di sejumlah lokasi yang terendam banjir, termasuk rumah anggota Fraksi Golkar atas nama Maria Fatima Seuk Kain juga terendam banjir setinggi satu meter.

“Ada info yang beredar bahwa ada warga yang terpaksa berlindung di atas atap. Kita hanya bisa pantau lewat hp karena akses jalan tertutup banjir,” kata Piet Nahak.

Karena itu, dia menyarankan kepada pemerintahan Malaka agar segera menentukan status bencana Malaka sebagai tanggap darurat. Pemerintah juga segera bergerak ke titik-titik lokasi warga terdampak untuk mengevakuasi warga yang sudah parah keadaannya.

“Selamtkan lebih dahulu manusianya.
Kita himbau warga agar dalam keadaan darurat ini segera siapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perbekalan, minyak tanah, sembako, dll. Amankan diri lebih dahulu, baru barang-barang,” tegasnya.

Ia juga meminta pemerintah untuk menyiapkan posko bencana dan call center agar warga bisa melaporkan keadaan mereka. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments