Walikota Minta IKKEF di Kota Kupang Beri Nama Anggota untuk Dibantu

by -342 views

KOTA KUPANG – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore menawarkan kerja sama kepada Badan Pengurus Ikatan Keluarga Kabupaten Ende Flores (IKKEF) Kota Kupang. Tawaran tersebut disampaikan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus IKKEF periode 2021-2024 secara virtual, Sabtu (20/3).

Kerja sama dimaksud berupa bantuan kepada anggota IKKEF di Kota Kupang yang kurang beruntung, lewat program-program prioritas Pemerintah Kota Kupang seperti bedah rumah dan bantuan kemanusiaan lainnya. IKKEF bisa mendukung Pemerintah Kota Kupang dengan memberikan rekomendasi dan nama-nama anggota yang layak mendapatkan bantuan.

Mantan anggota DPR RI itu menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan dukungan yang telah ditunjukkan IKKEF selama ini, terutama dalam program pembangunan Pemerintah Kota Kupang termasuk upaya penanganan Covid-19. Diakuinya, IKKEF sudah terlibat secara nyata membantu Pemkot Kupang dalam menegakkan protokol kesehatan, termasuk dengan menyelenggarakan acara pelantikan ini secara virtual sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa.

Kepada badan pengurus yang baru dilantik serta seluruh anggota IKKEF di Kota Kupang, Wali Kota berpesan untuk terus menjaga persatuan sebagai kekuatan yang luar biasa dari organisasi ini. Selain mendukung pembangunan di Kota Kupang, Wali Kota juga minta agar IKKEF tidak lupa pula mendukung dan membantu pembangunan di Kabupaten Ende sebagai daerah asalnya.

Hal senada juga disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Ende, Abraham Badu, M.Si, yang turut hadir secara virtual mewakili Bupati Ende.

Menurut dia, IKKEF tidak hanya hadir sebagai wadah yang mempersatukan keluarga Ende-Lio yang ada di Kota Kupang, tetapi juga bisa memberikan kontribusi bagi tanah leluhur walaupun ada di tanah rantau.

Pemerintah Kabupaten Ende berterima kasih untuk kontribusi nyata IKKEF selama ini terutama dalam kegiatan di tingkat provinsi yang diselenggarakan di Kota Kupang, IKKEF selalu memberikan dukungan dan spirit. Dia berharap koordinasi yang harmonis antara IKKEF dan Pemkab Ende bisa terus dijaga.

Ketua IKKEF periode 2021-2024, Yosep Meba menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kupang yang sudah berkenan mengikuti pelantikan tersebut, meskipun secara virtual.

“Sebagai orang Ende yang tinggal di Kota Kupang, kami siap memberikan dukungan terhadap semua program pembangunan di Kota Kupang,” tegasnya.

Saat ini ada 69 kelompok arisan keluarga Ende-Lio yang bergabung di dalam wadah IKKEF, dengan jumlah anggota sekitar 20 ribuan jiwa.

Dia yakin dengan dukungan semua kalangan, tugas mereka untuk memajukan IKKEF jadi lebih mudah. Segala perbedaan yang mewarnai organisasi tersebut justru dilihatnya sebagai kekuatan untuk membangun IKKEF lebih baik lagi.

Sesepuh IKKEF, Raymundus Lema dalam pesannya berharap agar IKKEF yang berasal dari Ende, tempat lahirnya Pancasila bisa menjadi duta pengamalan Pancasila dalam semua aspek kehidupannya. Harapan yang sama juga disampaikan Ketua IKKEF periode 2018-2020, Rofinus Ga’a. Dia berharap, agar IKKEF bisa menjadi organisasi yang mewadahi semua orang Ende-Lio dan paguyubannya yang ada di Kota Kupang, serta bisa merangkul pihak-pihak yang selama ini masih belum bergabung.

Pelantikan Badan Pengurus oleh sesepuh IKKEF tersebut berlangsung di Aula Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi NTT dan disaksikan oleh segenap sesepuh, ketua paguyuban dan kelompok arisan serta kelompok pemuda secara virtual melalui aplikasi zoom. (ans/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *