Masuk Nominasi Tiga Besar, NTT Berpotensi Juara Umum API 2020

by -453 views

KUPANG, mediantt.com – Ajang bergengsi, Anugerah Pesona Indonesia (API), kembali digelar. Dan, malam API 2020 akan dilaksanakan di Hotel Anaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, 9 April 2021. Menariknya, NTT berpotensi menjadi juara umum API 2020.

Dalam Konferensi Pers di Kupang, Rabu (17/3), Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Ardu Marius Djelamu, mengatakan, pada tahun 2016 NTT pernah menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia hasil pemilihan para wisatawan domestik dan internasional.

“Pemilihan tersebut untuk mendorong wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata baik alam, kuliner, atau destinasi wisata yang tersembunyi, namun layak untuk dikunjungi,” tegasnya.

Perwakilan dari Anugerah Pesona Indonesia 2020, Muhammad Syafa’at menjelaskan, malam anugerah pesona
Indonesia 2020 baru akan digelar 9 April 2021 di Labuan Bajo. “Kebetulan NTT memiliki urutan tiga besar terbanyak dibandingkan dengan daerah lain,” katanya.

Anugerah Pesona Indonesia, sebut dia, merupakan kegiatan untuk mengangkat destinasi-destinasi pariwisata baru dan unggulan dari setiap provinsi maupun kabupaten/kota untuk dipopulerkan kepada masyarakat luas, baik domestik maupun internasional. “Kegiatan ini melibatkan semua pemerintah daerah dengan mengusulkan destinasi terbaik yang dimiliki,” katanya.

NTT Tiga Besar

Delapan destinasi yang masuk nominasi yakni; daging se’i (kategori makanan tradisional terpopuler), Sentra Tenun Ikat Ina Ndao (destinasi belanja terpopuler), Pulau Meko di Kabupaten Flores Timur (kategori wisata air), dan puncak Fulan Fehan di Kabupaten Belu (kategori dataran tinggi terpopuler).

Selain itu, Liang Bua di Kabupaten Manggarai (kategori situs sejarah terpopuler), Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (kategori kampung adat terpopuler), Pulau Semau di Kabupaten Kupang (kategori destinasi wisata baru) dan Mulut Seribu di Pulau Rote Ndao (nominasi surga tersembunyi terpopuler di Indonesia).

Muhammad Syafa’at juga menjelaskan, NTT berpeluang menjadi juara umum. “Saat ini, NTT menempati tiga besar dari 18 kategori, 8 kategori diambil oleh NTT dan memberikan kesempatan besar bagi NTT menjadi juara umum, bersaing dengan Sumatra Selatan dan Aceh,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua ASITA NTT, Abed Frans mengatakan, telah bekerja maksimal untuk mempopulerkan destinasi unggulan di Provinsi NTT secara masif melalui berbagai platform media. “Kita berharap NTT bisa menjadi juara umum bersaing dengan Sumatra Selatan dan Aceh,” harap dia. (jdz)

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments