Gubernur VBL Lantik Steven Mesakh Jadi Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT

by -235 views

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika melantik Paulus Steven Messakh sebagai Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT, Rabu (10/2/2021).

KUPANG – Setelah vakum beberapa saat, posisi Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT akhirnya diisi oleh Paulus Stevan Mesakh, yang ditandai dengan pelantikan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), Rabu (10/2/2021).

Pelantikan itu digelar dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Pembangunan Daerah NTT tahun 2021 secara virtual, melalui layanan video converence, di Aula Fernandez, Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT.

Sebelumnya jabatan Direktur Pemasaran Kredit dirangkap oleh Direktur Utama Harry Alexander Riwu Kaho.

RUPS LB Tahun 2021 ini dipimpin oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dan para Direksi, jajaran Kormisaris serta seluruh Bupati dan Walikota di NTT, selaku pemegang saham melalui layanan video converence dari daerah masing-masing.

Dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, disebutkan, Paulus Stefen Messakh, SE, yang diangkat sumpah menjadi Direktur Pemasaran Kredit, berdasarkan hasil persetujuan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas Penilaian Kemampuan dan Kepatutan calon Direktur Pemasaran Kredit sesuai surat OJK No. SR-427/PB.12/2020 tanggal 30 Desember 2020.

Surat itu berisi usulan kepada Pemegang Saham untuk menetapkan dan mengangkat Paulus Stefen Messakh, SE sebagai Direktur Pemasaran Kredit pada PT Bank Pembangunan Daerah NTT.

Untuk diketahui, jabatan terakhir dari Paulus Stefen Messakh, SE adalah Kepala Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pangkat terakhir, Pimpinan Utama Dua/PUT 2 pada Bank NTT.

Dalam agenda RUPS LB 2021, ada pula laporan surat pengunduran diri Direktur Pemasaran Dana Bank NTT pada tanggal 27 November 2020 dan laporan progres penggantian calon pengganti Direktur Pemasaran Dana, serta laporan proses penerbitan Peraturan Daerah dan rencana penambahan setoran modal masing-masing Pemerintah Daerah dalam rangka pemenuhan modal inti Rp 3 triliun di akhir tahun 2024.

Terkait dengan dilantiknya pejabat baru yang menangani Pemasaran Kredit, maka dipastikan Bank NTT pada semangat yang tinggi, berkontribusi secara nyata menyukseskan visi Pemerintah Provinsi NTT, yakni mewujudkan NTT Bangkit, NTT Sejahtera. Bank NTT, sudah hadir dengan berbagai terobosan bisnis di bidang kredit dan ini berkontribusi besar pada kesejahteraan masyarakat.

Sejumlah terobosan itu diantaranya Gebyar Hunian Bank NTT yang memfasilitasi masyarakat dengan harga rumah relatif murah mulai dari Rp 168 juta dengan jangka waktu kredit 20 tahun (promo bunga 6,75 %). Dalam program ini Bank NTT bekerjasama dengan asosiasi sejumlah pihak. Ada juga program KPR Bank NTT, juga menyasar sektor masyarakat yang belum memiliki rumah idaman. Mereka diberi keringanan berupa cicilan yang ringan, syarat amat mudah dan proses super cepat.

Tidak hanya itu, yang spektakuler, adalah program Kredit MERDEKA, dimana setiap konsumen benar-benar merdeka dari kejaran rentenir, dibebaskan dari agunan dan bebas dari bunga. Dalam program ini, Bank NTT menerapkan bunga 0 (nol) persen. Ini untuk kredit modal kerja bagi pelaku usaha mikro.

Program lain, yakni Kredit MULTIGUNA yang dikhususkan bagi ASN, dimana Bank NTT memfasilitasi perolehan kredit dengan proses yang cepat, syaratnya mudah serta jangka waktu kreditnya sampar 25 tahun, dengan beraneka hadiah menarik. Bunga kredit ini juga tergolong rendah, yakni 0,6 persen saja. ASN bisa menggunakan layanan kredit ini untuk keperluan pembelian rumah, kesehatan, liburan maupun membeli kendaraan.

Profil Steven Messakh

Pelaksana (14 Februari 2002-17 November 2005)

Kepala Cabang Pembantu merangkap Asisten Manager Cabang Pembantu Baun (18 November 2005-19 Januari 2009)

Pj. Kepala Cabang Merangkap Manager Bisnis Waingapu (16 Januari 2009-Agustus 2009)

Kasubdiv Inspektur Wilayah 1 Kantor Pusat (18 Agustus 2009-7 Maret 2011)

Pemimpin Cabang Waingapu (8 Maret 2011-April 2015)

WPCU Kupang Bidang Bisnis (April 2015-Agustus 2016)

Kepala Divisi Kepatuhan (Agustus 2016-Juni 2019)

Kepala Divisi SDM (Juni 2019-sekarang). (hmsBankNTT/st)

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments