Ayo! Katakan Apa Saja di “Sayembara Rakyat Bicara – Golkar Mendengar”

by -339 views

Emanuel Melkiades Laka Lena

KUPANG – Partai Golkar NTT dibawah kepemimpinan Melki Laka Lena terus melakukan gebrakan dan inovasi kepada rakyat. Setelah sukses menggelar sayambara lomba menulis gagasan konkret pencegahan dan penananganan Covid-19, DPD Golkar NTT kembali menggelar sayembara “Rakyat Bicara – Golkar Mendengar”.

Hal ini disampaikan Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena dalam rapat virtual bersama para pengurus DPD I Golkar NTT dan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten/Kota se NTT, Minggu (7/2/2021).

Melki Laka Lena mengatakan, dalam sayembara ini, rakyat NTT sesuai latar belakangnya bisa berbicara apa saja tentang apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan elemen masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 dalam berbagai perspektif.

“Sayembara ini Partai Golkar gelar untuk mendengar aspirasi masyarakat NTT mulai dari tingkat desa/ kelurahan, kecamatan, kabupaten dan provinsi. Masyarakat berbicara tentang penanganan Covid-19 dari sepuluh aspek dan perspektif,” jelas Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini.

Dalam sayembara “Rakyat Bicara – Golkar Mendengar” ini, Melki Laka Lena menyebutkan, ada sepuluh aspek yang menjadi topik yang dilombakan yaitu aspek Ekonomi, Sosial Budaya, Politik, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kelautan dan Keagamaan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini mengatakan, sayembara tersebut akan digelar mulai Senin 8 Februari 2021 selama satu minggu untuk tingkat desa/kelurahan, selanjutnya satu minggu berikutnya di tingkat kecamatan dan dua minggu berikutnya di tingkat kabupaten/kota serta dua minggu berikutnya lagi akan diseleksi di tingkat provinsi.

“Konkritnya adalah dalam sayembara ini, rakyat NTT berbicara dari sepuluh (10) aspek dan perspektif apa saja tentang apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan elemen masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Gagasan warga Flobamora baik yang tinggal di NTT atau kalangan diaspora di mana saja idenya direkam dalam bentuk video memakai handphone dengan durasi 2 sampai maksimal 3 menit, lalu diseleksi dan dinilai di setiap tingkatan. Yang juara di tingkat desa/ kelurahan akan dilombakan di tingkat kecamatan, dan selanjutnya ke tingkat kabupaten/kota dan terakhir di tingkat Provinsi,” sebut Melki Laka Lena.

Ia juga menghimbau seluruh ketua dan pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten/Kota serta seluruh anggota Fraksi Partai Golkar di semua tingkatan untuk terlibat langsung dalam penyelenggaraan sayembara dimaksud. “DPD I Partai Golkar NTT akan memberikan penilaian khusus terhadap keaktifan para anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Prop NTT, Kabupaten dan Kota se NTT serta seluruh Ketua DPD II Partai Golkar se NTT,” sebut Melki Laka Lena.

Melki Laka Lena juga memerintahkan kepada seluruh Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD NTT dan DPRD Kabupaten dan Kota se NTT agar aktif menghidupkan Satgas Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

“Minimal anggota Fraksi Golkar menjadi promotor mengaktifkan Gugus Tugas penanganan dan pencegahan Covid-19 di tempat tinggalnya dengan melibatkan semua elemen masyarakat termasuk tokoh agama. Ini sangat penting karena sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi yang disampaikan oleh Ketua KPC PEN Airlangga Hartarto bahwa penanganan Covid-19 diperkuat dan dioptimalkan kekuatan berbagai pihak dari tingkat mikro yaitu RT RW dusun kampung desa kelurahan” tegas Melki Laka Lena.

Tidak hanya itu, Melki Laka Lena juga menghimbau seluruh kader Partai Golkar baik yang ada di eksekutif maupun di legislatif untuk berjuang menuntaskan refocussing anggaran dari APBD I dan APBD II untuk optimalkan pencegahan dan penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota masing-masing. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *