Satu Lagi Jenazah PMI Asal TTS Dipulangkan dari Malaysia

by -1,116 views

KUPANG – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kupang mencatat satu jenazah pekerja migran Indonesia (PMI) asal TTS yang meninggal di Malaysia, dipulangkan dengan pesawat udara melalui Bandara El Tari Kupang, Selasa (19/1).

“Jenazah yang dipulangkan atas nama Nikson Tanu yang berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan,” kata Kepala UPT BP2MI Kupang Siwa ketika dihubungi di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan, jenazah tersebut langsung diantar petugas menggunakan mobil ambulans dari UPT BP2MI Kupang ke kampung halamannya di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Siwa menjelaskan, dengan dipulangkannya satu lagi jenazah ini maka jumlah PMI asal NTT yang dipulangkan sejak pada Januari 2020 ini sebanyak 10 jenazah.

Jenazah PMI yang dipulangkan sebelumnya masing-masing satu orang dari sembilan kabupaten di antaranya, Kabupaten Ende, Kupang, Timor Tengah Selatan, Flores Timur, Manggarai, Malaka, Sumba Barat Daya dan Sikka.

Siwa juga menjelaskan, rata-rata PMI yang dipulangkan meninggal akibat sakit serta ada pula yang disebabkan kecelakaan seperti tersengat listrik.

Ia menambahkan, setiap tahun terdapat puluhan hingga lebih dari seratus jenazah PMI asal NTT yang dipulangkan.

Pada 2020, kata dia, jumlah jenazah PMI yang dipulangkan ke NTT tercatat sebanyak 86 orang, sedangkan 6 orang dikuburkan di Malaysia.

Pihaknya tetap berupaya menangani jenazah yang dipulangkan dengan memfasilitasi ataupun mengantar ke daerah asal terutama yang berada di Pulau Timor. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *