Polda NTT Siagakan 3.904 Personel Gabungan Amankan Natal-Tahun Baru

by -372 views

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif sedang memberikan keterangan kepada wartawan.

KUPANG – Untuk mengamankan jalannya perayaan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polda NTT menyiagakan 3.904 personel gabungan di seluruh wilayah NTT.

Demikian ditegaskan Kapolda NTT, Inspektur Jenderal Polisi Lotharia Latif, kepada wartawan di Kupang, Jumat (18/12), usai mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral operasi Lilin Turangga-2020 tingkat Polda NTT di aula Rupatama lantai III Mapolda NTT.

Menurut Kapolda, jumlah itu terdiri dari 1.428 polisi, yakni 218 anggota Polda dan 1.210 personel Polres jajaran, kemudian 543 personel dari aparat TNI yang berada di wilayah NTT.

“Ada tambahan juga dari instansi terkait berjumlah 1.933 personel,” kata Kapolda Latief.

Ia mengatakan, seluruh aparat itu akan menjaga dan mengamankan jalannya perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru di NTT sekaligus mencegah jangan sampai ada yang berusaha merusak kemanan dan ketertiban di wilayah NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT itu juga mengatakan, ribuan personel ini terlibat dalam operasi Lilin Turangga 2020 yang digelar selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Berbagai operasi atau razia akan dilakukan oleh aparat gabungan ini untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang berkaitan dengan merusak kerukunan umat beragama di NTT ini,” kata dia.

Ia juga menjelaskan, pada 2019 terdapat kasus menonjol di wilayah hukum NTT, di antaranya kelangkaan BBM, perkelahian antar kelompok masyarakat, penganiayaan berat serta bencana alam hujan deras dan angin kencang. “Kondisi ini diprediksi pula terjadi pada tahun 2020 ini,” ujar dia. (ant)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments